EKONOMI

BI Release QRIS Tuntas

Jakarta, penapersatuan.com – Bank Indonesia melalui humas BI Indonesia bicara kembali releaae QRIS TUNTAS (Ahad 10/12). “Masih ingat saat QRIS TUNTAS diluncurkan pada 17 Agustus 2023 lalu? Bank Indonesia berinovasi membuat QRIS TUNTAS agar Sobat dapat melakukan transfer dana antarpengguna QRIS, serta tarik tunai dan setor tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM)/ Cash Deposit Machine (CDM) atau agen QRIS TUNTAS. Seru, kan?,” buka Info BI.

Pertanyaannya, apakah QRIS TUNTAS sudah bisa diimplementasikan secara nasional?

Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2023, implementasi QRIS TUNTAS berjalan secara bertahap. Pada acara Sosialisasi QRIS TUNTAS (8/12) dinyatakan bahwa implementasi yang diterapkan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) bank dan lembaga selain bank terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tahap pengembangan, siap implementasi, dan sudah implementasi.

Selanjutnya, dalam pelaksanaannya, Bank Indonesia juga memitigasi adanya risiko, yaitu melalui penggunaan QR dinamis untuk meminimalisir digunakan berdampingan dengan QRIS payment di kasir, serta adanya notifikasi kepada pengguna saat bertransaksi.

Ada kabar baik lagi, nih, buat Sobat. Implementasi QRIS TUNTAS akan didukung dengan skema harga yang efisien. Untuk tarik tunai dikenakan biaya Rp6.500 yang dibebankan kepada pengguna tarik tunai. Sedangkan, transfer tunai di bawah Rp100.000 dikenakan biaya Rp2.000 dan di atas Rp100.000 dikenakan biaya Rp2.500. Sementara itu, setor tunai dikenakan biaya Rp5.000 dibebankan kepada penyetor dana.

Wah, memang terbaik, kan, inovasi yang dilakukan Bank Indonesia? Tentunya, upaya ini dilakukan untuk inklusi ekonomi dan keuangan, akselerasi digitalisasi, sekaligus mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Ayo, Sobat, ikut mendukung tujuan bersama ini dengan PakaiQRIS!

(Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *