METROPOLITAN

Forkopimko Jakarta Utara Siagakan Personel dan Sarpras Antisipasi Bencana Musim Hujan

Jakarta, penapersatuan.com – Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan dan Rob Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara Tahun 2023-2024 digelar di Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (30/11). Apel menandakan kesiagaan petugas serta sarana dan prasarana (sarpras) dalam mengantisipasi bencana selama musim hujan.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengutarakan apel ini sebagai komitmen kesiapan Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) dalam mengantisipasi bencana selama musim hujan.

Baik petugas maupun sarpras telah dicek kesiapsiagaannya sehingga dapat diandalkan dalam mengantisipasi bencana.

“Apel ini tindak lanjut dari apel sebelumnya di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Apel ini menunjukkan komitmen kepada masyarakat bahwa Forkopimko siap mengantisipasi bencana karena kami sudah cek petugas dan personel di apel ini,” tegas Ali Maulana Hakim saat ditemui di Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (30/11).

Apel dihadiri pimpinan Forkopimko Jakarta Utara, seperti Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Ferikson Tampubolon, dan Komandan Distrik Militer 0502 Jakarta Utara, Kolonel Today Tri Anggoro. Hadir pula Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Yusuf Madjid.

Berbicara soal Standar Operasional Prosedur (SOP), Ali memastikan telah dimiliki sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing petugas.

Meski begitu, setiap petugas harus memperhatikan pengarahan dari Pos Komando (Posko) yang berada di tingkat Kota, Kecamatan, dan Kelurahan.

“Posko kita siap siagakan. Bahkan kita sedang mengkoordinasikan agar seluruhnya hingga pihak stakeholder (swasta) juga terintegrasi dalam Posko,” ungkapnya.

Sedangkan bagi masyarakat, Ali mengimbau untuk berperan aktif mengantisipasi bencana di musim hujan dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Minimal dengan tidak membuang sampah sembarang dan membersihkan saluran air.

“Apel ini tanda warning kita, ayo kita mulai siap siaga, masyarakat mulai bertanggung jawab terhadap lingkungannya masing-masing. Bersihkan saluran dan buanglah sampah pada tempatnya,” imbaunya.

(Rohena/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *