KULINER

Salad Nusantara

Penapersatuan.com – Menggali potensi makanan kuliner lokal yang menjadi ciri khas Nusantara amar mudah di temukan di berbagai penjuru bumi Indonesia. Salah satunya, salad (rujak).

Makanan tradisional (etnic traditional) ini menjadi kudapan yang nikmat, terutama saat panas hari. Kandungan nutrisi dan vitamin C yang tinggi, sangat bermanfaat untuk menyegarkan dan membugarkan tubuh.

Rujak (salad) adalah hidangan salad buah dan sayuran tradisional yang umumnya dapat ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Selain mengacu pada hidangan salad buah ini, istilah rujak juga berarti “campuran” atau “campuran eklektik” dalam bahasa Melayu sehari-hari.

Rujak buah Indonesia, buah musiman dengan balutan gula aren pedas (gula jawa). Bumbu rujak juga sangat mudah yakni kacang tanah goreng, cabai , gula, garam yang diulek lembut dan kemudian disiram air panas (matang) bisa air asam jawa.

Rujak bisa ditemukan di semua daerah di seluruh Indonesia, dan ada banyak variasi di dalam negeri. Varian rujak yang paling populer adalah rujak buah, yang merupakan campuran irisan buah dan sayuran yang disajikan dengan saus gula aren pedas.

Tidak seperti salad buah pada umumnya, rujak sering digambarkan sebagai salad buah yang tajam dan pedas karena sausnya yang manis dan pedas, yang terbuat dari cabai, gula aren, dan kacang tanah.[8] Rujak juga merupakan makanan jalanan yang populer di Bali.

Rujak Indonesia biasanya dibuat dari bahan-bahan segar terutama buah-buahan dan sayuran. Rojak di Malaysia dan Singapura memiliki pengaruh India yang kuat.

Biasanya berisi tahu goreng, telur rebus, jícama parut dan cucur udang (udang goreng).

Rujak biasanya merupakan hidangan vegetarian yang tidak mengandung produk hewani, kecuali balutan manis dan tajam yang mungkin mengandung terasi.

Meskipun demikian, beberapa resep mungkin mengandung makanan laut atau daging. Rujak di Malaysia dan Singapura biasanya berisi sotong (sotong), sedangkan resep rujak tertentu di Indonesia mungkin berisi makanan laut atau daging.

Lain lagi rujak cingur Sirabaya yakni dari Lidah sapidengan Bumbu petis. Salad sayuran di Korea dan Jepang juga sangat terkenal.Padahal di Indonesia, pegel, gado-gado, ketoprak, genit juga dari Sayuran yang dirambumbu kacang.

(AST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *