TNI/POLRI

Kasad Resmi Tutup Giat Bootcamp TNI AD to Gen Z

Jakarta, penapersatuan.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, menutup secara resmi kegiatan “Bootcamp TNI AD to Gen Z”, di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Sebanyak 180 peserta Bootcamp dari SMA dan perguruan tinggi seluruh Indonesia ini, selama tiga hari berturut-turut sejak 1 Agustus 2023 lalu, telah mengikuti pelatihan tentang wawasan kebangsaan, menangkal radikalisme, pengarusutamaan gender, pelatihan menulis, fotografi, dan videografi. Bukan itu saja, mereka juga mendapatkan latihan kedisiplinan, kepemimpinan, inisiatif, kerja sama, dan loyalitas.

Dalam sambutannya, Kasad mengucapkan selamat kepada para peserta atas keberhasilan menjalani Bootcamp TNI AD to Gen Z. , karena telah mengikuti kegiatan Bootcamp hingga selesai, maka kini seluruh peserta Bootcamp adalah bagian dari keluarga besar TNI AD. “Para peserta Bootcamp, kalian luar biasa dan istimewa. Selama tiga hari ini, kalian membawa bekal yang luar biasa tentang nilai-nilai kebangsaan.

Kasad juga mengutip pernyataan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, yakni “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri.” Menurut Kasad, pernyataan tersebut mengandung makna yang dalam untuk menyadarkan anak bangsa tentang ancaman konflik yang dipicu dari perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.

“Terlebih di era disrupsi informasi, di mana literasi digital masyarakat masih rendah dibanding jumlah orang yang mampu mengakses internet. Akibatnya, kebohongan bisa menjadi kebenaran karena memainkan emosi. Karena itu, adalah kewajiban kita semua untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan, dengan cara memahami dan menerapkan nilai-nilai kebangsaan,” pesannya.

Kasad juga menaruh harapan besar pada Generasi Z, atau anak muda yang kini berusia 11 sampai 26 tahun, yang dipandangnya sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki peran membangun kehidupan yang lebih harmonis dalam menjaga nilai-nilai Pancasila melalui pengetahuan dan ide, serta menjadi garda terdepan pemersatu bangsa.

“Kalian wajib menjaga dan mewariskan nilai-nilai Pancasila dan memiliki kontrol sosial terhadap masyarakat sekitar,” lanjutnya, seraya memberikan tiga kunci sukses untuk generasi muda.

“Pertama, lupakan masa lalu karena masa lalu tidak akan pernah kembali. Kedua, lakukan semua tugas hari ini dengan optimal. Ketiga, camkan bahwa masa depan hanyalah sebuah cita-cita jika tidak diperjuangkan. Impian itu gratis, tetapi harus dibayar dengan kerja keras untuk meraih kesuksesan,” kata pimpinan Angkatan Darat itu, sambil menitipkan pesan agar generasi muda sebaiknya memilih menjadi orang baik, daripada menjadi kaya, pintar, dan berkuasa, karena sejatinya setiap kebaikan akan bermanfaat untuk orang lain.

Kegiatan Bootcamp TNI AD to Gen Z secara umum berjalan sukses dan menarik perhatian di dunia maya melalui unggahan para peserta yang menyebarluaskan kegiatan ini melalui media sosialnya masing-masing. Bahkan ada pula masyarakat yang mencari tahu bagaimana cara mendaftar untuk mengikuti Bootcamp ini.

(Rohena/Dispenad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *