PENDIDIKAN

SD Angkasa 12 Halim Perdanakusumah Gelar MPLS TA 2023-2024

Jakarta, penapersatuan.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

MPLS telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016. Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) meliputi pengenalan program, penanaman konsep pengenalan diri, pengenalan sarana dan prasarana, pembinaan awal kultur sekolah, dan pengenalan cara belajar.

Melihat pentingnya tujuan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru, maka kegiatan MPLS wajib di selenggarakan oleh setiap satuan pendidikan.

Tahun ajaran ini 2023/2024 kegiatan MPLS serentak di lakukan selama 10 hari dari tanggal 10-21 Juli 2023, dan di mulai pada hari ini Rabu 12 Juli 2023, di sekolah sekolah wilayah DKI Jakarta.

Begitupun SD Angkasa 12 yang berlokasi di Jl Gatot Kaca, Komplek Dirgantara II Halim Perdana kusumah, tahun Pelajaran 2023/2024 mengadakan kegiatan MPLS.

Acara yang di pandu oleh Ibu Wintarti, S.Pd yang juga guru kelas 6, acara di mulai dengan penampilan ekstra kurikurel drumband , Taekwondo dan menari.

Selanjutnya prosesi acara MPLS menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu pembacaan doa oleh Bapak Anugrah Widhy, S.Fil.I selaku guru agama Islam.

Bu Aam Nurdiana selaku Kepala Sekolah dalam sambutannya menjelaskan, masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023-2024 seluruh sekolah angkasa mengambil tema ‘Wujudkan profil pelajar pancasila dalam membentuk peserta didik yang berakhlak mulia serta berdedikasi tinggi dengan satukan visi, lakukan misi dan potensi diri’.

Dan MPLS ini bertujuan sebagai berikut;

  1. Mengenali potensi diri peserta didik baru.
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru.
  4. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya.
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri peserta didik.

Lebih lanjut, Pak Fery Gunawan selaku Wakil Kepala sekolah mengatakan penyelenggaraan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini mengucapkan syukur nya, Alhamdulilah kita lakukan sesuai arahan Yayasan Ardhya Garini yang menaungi sekolah angkasa.

“Kegiatan belajar mengajar nanti kita lakukan dengan pembelajaran edukatif, kreatif, dan menyenangkan,” pungkasnya Pak Fery.

Acara selanjutnya pengenalan para guru dan karyawan serta di lanjutkan penyampaian materi oleh Bu Mirna selaku guru kelas 1.

Penyematan seragam Sekolah dan pelepasan balon ke udara, pertanda anak anak kelas 1 siap bergabung di SD Angkasa 12. Acara MPLS ini juga di hadiri orangtua atau wali murid kelas 1.

(AW/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *