METROPOLITAN

Tingkatkan Pelayanan Warga, Pengurus RW 012 Pegangsaan Dua Terapkan Sistem Layanan Digital

Jakarta, penapersatuan.com – Inovasi digital terkait peningkatan sistem layanan publik terus dikembangkan oleh pengurus RW 012 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Hal itu dilakukan untuk mempermudah warga setempat dalam mengurus administrasi kependudukan, mutasi, perizinan, surat keterangan, dan lainnya.

Untuk diketahui bahwa wilayah RW 012 Kelurahan Pegangsaan Dua berada di lahan seluas 50 hektar dengan 31 RT dengan jumlah penduduk mencapai 10 ribu jiwa. “Sebagian besar warga RW 012 adalah pengusaha dari beragam etnis yang menjadi kekuatan sekaligus tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan layanan,” jelas Ketua RW 012 Pegangsaan Dua, Soedirman.

Agar lebih optimal dalam melayani warga, pengurus RW 012 Pegangsaan Dua melakukan terobosan dengan membuat website di https://rw-12.id kemudian ditingkatkan dengan aplikasi digital yang bisa diakses dengan ponsel dan diunduh melalui play store. “Sejak dua tahun lalu, kami telah berinovasi dalam melayani warga secara digital. Aplikasi tersebut terintegrasi dengan berbagai layanan administrasi yang sudah ada di dalam website,” terangnya.

Ia menambahkan didalam aplikasi tersebut juga tersedia fitur pembayaran iuran, pengaduan warga, pemantauan ketinggian air dan panic button atau tombol darurat. “Misalkan orangnya lagi di luar kemudian ia mendapatkan informasi ada sesuatu hal yang terjadi di rumahnya. Untuk memastikan hal itu, pemilik rumah tinggal menekan panic button dan petugas kami akan segera menyambangi rumah tersebut untuk melakukan pengecekan dan penanganan lebih lanjut,” ungkapnya.

Saat ini, pengurus RW 012 Pegangsaan Dua bersama jajaran Kelurahan Pegangsaan Dua tengah berusaha menjalin koordinasi dengan sejumlah unit terkait agar bisa terkoneksi langsung dengan sistem pelayanan publik yang ada di PTSP dan JAKI.

“Ini patut diapresiasi dan kami sangat berharap inovasi dan kolaborasi yang telah digagas oleh para pengurus RW 012 Pegangsaan Dua bisa menjadi contoh dan motivasi bagi RW di wilayah lainnya agar dapat berbuat serupa bahkan lebih,” ujar Lurah Pegangsaan Dua, Vera Fitria.

(Rohena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *