NASIONAL

Jokowi Akan Hadir di Harlah 63 PMII, Jumat 23 Juni di Benteng Vastenburg, Solo

Solo, penapersatuan.com – Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan hadir dalam acara puncak peringatan Hari Lahir ke-63 tahun Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Acara itu akan digelar di Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Jumat, 23 Juni 2023.

Menurut informasi sejumlah tokoh lain hadir di antaranya Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Majelis Pembina Nasional PMII Muhaimin Iskandar, serta beberapa menteri di Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan lainnya.

Selain itu akan hadir pula Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta seluruh alumni PMII lintas profesi baik di eksekutif, legislatif, akademisi maupun profesional.

Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri mengemukakan puncak Harlah ke-63 tahun PMII itu akan menjadi kegiatan Harlah yang paling meriah sepanjang sejarah PMII berdiri. Ini karena akan dihadiri oleh lebih dari 20.000 kader PMII se-Indonesia.

“Puncak Harlah PMII ke-63 akan menjadi panggung bersama tokoh bangsa untuk menebarkan nilai kebaikan dan menginspirasi nusantara sesuai dengan tema kegiatan yang diusung pada giat Puncak Harlah kali ini,” ujar Abdullah Syukri.

Puncak hari lahir (Harlah) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan dimeriahkan oleh penyanyi pop Jawa, Denny Caknan. Perhelatan itu akan berlangsung di Benteng Vastenburg Solo, Jumat (23/6/2023) malam.

Ketua Panitia Harlah PMII, Hengki Tornado, menyebut sebelumnya akan ada serangkaian acara seperti doa dan zikir bersama, lalu puncaknya ditutup konser Denny Caknan. Namun, pihaknya mengatakan harlah dikhususkan untuk internal kader PMII atau tamu undangan.

Dia menyebut acara tersebut merupakan acara puncak yang akan dihadiri oleh 20.000 kader PMII dari seluruh Indonesia. “Kegiatan Ini merupakan ceremonial organisasi, tanggal 23 merupakan puncak dari semua rangkaian,” kata Hengki Tornado.

Ketua PB PMII Abullah Syukri menyebut PMII bakal menyampaikan kriteria pemimpin di hadapan para menteri dan tamu negara. Selain itu pihaknya akan memberikan hasil kajian terkait Ibu Kota Negara (IKN) kepada Presiden Jokowi.

“PMII selalu ada di visi kebangsaan dan visi kenegaraan. Besok akan menyerahkan hasil kajian PMII ke Presiden Jokowi tentang IKN. Kita satu-satunya organisasi aktivis kemahasiswaan mengkaji IKN secara intelektual dan akademik. Kita sudah bikin jurnalnya sebagai bukti nyata berkontribusi terhadap pembangunan negara ke depan,” ungkap .

Secara menyeluruh, serangkaian acara Puncak Harlah PMII akan diisi dengan zikir bersama Habib Umar Al-Muthohar, shalawat pergerakan bersama grup sholawat Ahbabul Musthofa Kudus, Orasi Pergerakan Ketua Umum, Amanat Ketua Majelis Pembina Nasional, Arahan Presiden Joko Widodo serta penampilan hiburan oleh grup gambus Balasyik dan artis Pop Jawa Denny Caknan.

(Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *