METROPOLITAN

KPU Jaktim Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pemilu 2024

Jakarta, penapersatuan.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum 2024, di Sentral Cawang, Jakarta Timur, Rabu (21/06/2023).

Dalam sambutannya, Wage Wardana selaku ketua KPU Jaktim mengatakan, pemilu milik bersama dan sebagai sarana integrasi bangsa.

Menurutnya, DPT ini melindungi hak pemilih warga, dan kami KPU Jaktim melindungi hak pemilih warga Jakarta Timur serta menilai berapa banyak pemilih yang ada di TPS.

Untuk Cek DPT melalui online, masih kata Wage, harus selalu di gaungkan karena generasi Y dan Z lebih dekat dengan gadget, jadi bila ada yang belum terdaftar bisa di cek melalui DPT Online.

“Rapat Pleno kali ini adalah penetapan DPT, karena sebelumnya kami sudah melaksanakan Pleno penetapan DPS,” terang Wage.

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka KPU Jaktim, DPT tingkat Jaktim ditetapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 10 Kecamatan dan 65 Desa/Kelurahan sebanyak 8.812.

Jumlah pemilih aktif sebanyak 2.383.972, dengan perincian jumlah pemilih laki laki sebanyak 1.174.032 jiwa dan pemilih perempuan 1.209.940 jiwa.

Dalam rapat pleno yang dihadiri petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bawaslu dan sejumlah partai politik tersebut, KPU Jaktim menjelaskan berapa jumlah pemilih baru, pemilih yang tidak memenuhi syarat dan berapa jumlah pemilih yang pindah dan masuk ke Jakarta Timur.

“Termasuk, berapa jumlah pemilih di lokasi khusus, seperti di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan). Intinya para pemangku kepentingan menerima DPT,” papar Ketua KPU Jaktim.

Setelah penetapan DPT itu, tambah Wage, pihaknya menunggu tanggapan dari masyarakat.

Wage berharap, dengan tahapan daftar pemilih itu, maka dapat menghasilkan data pemilih yang berkualitas untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

(Cekre/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *