METROPOLITAN

Bawaslu DKI: Ada 5720 Jumlah Pemilih Tidak Penuhi Syarat di DPSHP Akhir

Jakarta, penapersatuan.com – Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir oleh KPU Kabupaten/Kota telah berakhir Senin, 19 Juni 2023.

Dr. Sitti Rakhman, S.P, MM, selaku Kordiv Humas Data dan Informasi Bawaslu DKI Jakarta mengatakan kepada media, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta bersama Bawaslu Kabupaten/Kota menemukan adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat.

“Yang dimaksud dengan pemilih yang tidak memenuhi syarat, seperti data ganda, masih terdaftarnya warga yang telah meninggal dunia dalam daftar pemilih, serta warga disabilitas yang belum terdaftar dalam daftar pemilih,” terang Siti Rakhman.

Adapun temuan tersebut adalah; jumlah pemilih tidak dikenal sebanyak 3 orang, jumlah pemilih meninggal 1816 orang, jumlah pemilih anggota TNI 26 orang jumlah pemilih Polri 37 orang, pemilih salah penempatan TPS 2253, pemilih di bawah umur 15 orang dan pemilih pindah domisili 1570 orang.

Terkait hasil Pengawasan dan pencermatan yang telah dilakukan, Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta telah mengirimkan surat rekomendasi terkait hasil pengawasan kepada KPU Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta untuk dapat ditindaklanjuti.

(Diel/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *