PENDIDIKAN

Raih Akreditasi BAIK dari BAN PT, Universitas Ibnu Chaldun Makin Berkembang dan Siap Tingkatkan Kualitas

Jakarta, penapersatuan.com – Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta mendapat kado spesial di Milad ke-67 dengan terbitnya akreditasi perguruan tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

UIC Jakarta terakreditasi BAIK dari BAN-PT No.397/SK.BAN-PT/Ak.P/V/2023 dan siap melaju kencang dan menjaga kualitas pendidikan di kampus bernuansa Islam tersebut.

Rektor UIC, Dr. Rahmah Marsinah mengatakan, terbitnya akreditasi BAIK dari BAN-PT merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademik dan juga pihak Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC).

“Alhamdulillah ini adalah hadiah terbesar untuk Universitas Ibnu Chaldun, pada saat kita akan merayakan Milad yang ke-67, dikasih hadiah oleh BAN PT, jadi semuanya kita bersyukur dan optimis kampus tercinta ini akan lebih maju,” ujar Rahmah Marsinah dalam rilisnya yang diterima media, Rabu (7/6/2023).

Rahmah mengungkapkan, di usia yang ke 67 UIC Jakarta sudah melahirkan ribuan alumni yang telah berkiprah diberbagai bidang, baik di insatansi dan lembanga pemerintahan maupun mereka yang berkiprah di dunia professional.

Menurut Rahmah, di usia yang sudah 67 tahun, UIC Jakarta sudah seharusnya dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Jakarta dan juga di seluruh Indonesia.

“Kita optimis kedepan bahwa kampus UIC akan tambah jaya,” tegasnya.

Dr. Rahmah Marsinah, S.H., M.M., M.H (Foto: Ist)

Memang dibawah tangan dingin Rahmah Marsinah UIC Jakarta berhasil bangkit. Rahmah yang menjabat Rektor UIC sejak Oktober 2022 itu berhasil membawa kemajuan yang kongkrit untuk kampus yang telah berdiri sejak tahun 1956 itu.

Diantaranya, terbitnya akreditasi “B” untuk program studi ilmu hukum, ilmu komunikasi, manajemen, administrasi publik, serta program studi lainnya dengan peringkat BAIK hingga BAIK Sekali.

Dengan terbitnya akreditasi institusi dari BAN-PT ini, Rahmah menegaskan pihaknya akan terus berupaya agar akreditasi UIC Jakarta bisa ditingkatkan. Satu hal yang wajib dilakukan setelah terbitnya akreditasi ini adalah menjaga kualitas pendidikan di kampus UIC Jakarta.

“Dengan akredetasi BAIK kami berharap Universitas Ibnu Chaldun bisa lebih maju dan berkembang lagi. Yang pasti kita harus bisa menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di kampus ini,” jelasnya.

Rahmah menambahkan, akreditasi institusi dari BAN-PT ini sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam penelitian. Selain itu juga sangat berguna bagi peningkatan karir mahasiswa dan para alumni.

“Adanya akredetasi ini mahasiswa kita tidak ada lagi kendala untuk penyetaraan kepangkatan kepagawaiannya. Untuk mahasiswa yang lulus juga akan lebih mudah,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum YPPIC, Dr. Edy Haryanto mengatakan, terbitnya akreditasi BAN-PT ini merupakan sebuah anugerah dari Allah SWT yang didapat disaat UIC memasuki usia ke-67. Dia berharap kedepan akreditasi ini bisa ditingkatkan.

“Semoga pencapaian ini bisa ditingkatkan pada saat akredetiasi selanjutnya, sehingga bisa menjadi tolak ukur bahwa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta bisa sejajar dengan universitas terkemuka lainnya,” ujarnya.

“Semoga kita bisa menjaga dan meningkatkan kwalitas pendidikan di universitas yang kita cintai ini,” pungkasnya.

UIC Jakarta saat ini memiliki 10 program studi pendidikan sarjana dan 1 program studi pendidikan magister dengan 7 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana.

Keselebas prodi tersebut antara lain, Prodi Ilmu Komunikasi, Manajemen, Ilmu Hukum, Agroteknologi, Administrasi Publik, Farmasi, Pendidikan Agama Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Perbankan Syariah, dan Ahwal Syakhsiyah serta S2 Prod.

(Fadiel/Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *