NASIONAL

Rangkaian Acara Haul Bung Karno ke 54 Sepanjag Bulan Juni

Blitar, penapersatuan.com – Proklamasi Kemerdekaan RI yang juga Presiden Republik Infonesia Pertama wafat  pada 21 Juni. DI bulan juni juga dikenang sebagai lahirnya Pancasila. Sehingga wajar Pemkot Blitar menggelar banyak agenda kegitan, salah-satunya Perayaan Hari Lahir Pancasila dan Peringatan Haul Bung Karno.

Rangkaian agenda kegiatan secara berurutan telah  digelar sejak awal hingga akhir bulan Juni. Dengan peringatan itu diharapkan pengunjung yang hadir di kota Blitar, Jawa Timur  lebih dekat sejarah lahirnya Pancasila dan Sang Proklamator.

Beberapa agenda kegiatan yang menjadi agenda wisata ke Kota Blitar telah dibuka dengan acara dzikir bersama jamaah Majlis Dzikir Al Hidmah Surabaya pada 29 Mei 2023 di alun-alun Blitar yang dikutip oleh puluhan.ribu jamaah dari berbagai daerah.

Acara selanjutnya “Bedhol Pusaka” pada 31 Mei 2023. Acara ini merupakan prosesi penyiapan ubo rampe untuk kegiatan Grebeg Pancasila berupa kirab lambang negara dan perlengkapan upacara dari Ndalem Agung Istana Gebang menuju Kantor Wali Kota Blitar yang dikawal Bregodo Siji (1), Bregodo Enem ( 6 ) dan Bregodo Patang Puluh Limo (45). Acara dimulai pukul 19.00 WIB, bertempat di Istana Gebang.

Selain Bedhol Pusaka, saat bersamaan juga digelar Festival Lentera. Start dari Istana Gebang – Jl. Sultan Agung Jl. Jend. Sudirman-3 Merdeka. Dan finish di Kantor Pemerintah Kota Blitar di Jalan Merdeka.

Kegiatan ritual malam menjelang 1 Juni dengan tirakaratan budaya” dengan tujuan  untuk merenung, “juga menghayati pentingnya Pancasila sebagai nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia, diisi dengan mocopatan yang diisi oleh budayawan dan seniman. Lokasinya di Kantor Wali Kota Blitar yang dimulai pukul 21.00 WIB hingga selesai.

Agenda tanggal 1 Juni, adalah  peringatan Hari Lahir Pancasila. Acara ini digela di Aloon – Aloon Kota Blitar. Rekaman pidato Bung Karno berkumandang sayup-sayup bersama Ketawang Ibu Pertiwi. Disusul masuknya prosesi Gunungan Limo yang dibawa dalam iringan gendhing Lancaran Bela Pancasila.

Berlanjut dengan “ Kirab Gunungan Limo dan Kenduri Pancasila,” beripa kirab lima tumpeng dari Aloon-Aloon diarak menuju Makam Bung Karno. Disana, diadakan selamatan atau Kenduri Pancasila dan tumpeng akan dimakan bersama-sama warga.

Kemudian untuk memperingati Haul Bung Karno, acara dimulai pada tanggal 19 Juni digelar sarasehan dan deklarasi jaringan kota/kab sejarah Bung Karno (Jaket).

Lalu tanggal 20 Juni puncak peringatan Haul Bung Karno difokuskan di Makam Bung Karno.
Akan digelar Semaan Al Qur’an, doa lintas agama, manaqib dan tabaroq, Yasin dan tahlil serta doa dan sholawatan Bung Karno.

Puncak Acara Haul digelar pada tanggal 21 Juni, dengan ziarah ke Makam Bung Karno. Pada acara ini keluarga Bung Karno, para pejabat dan politisi akan merapat ke Kota Blitar.

Jumlah pengunjung  yang berziarah ke Makam Bung Karno meningkat tajam ketika masuk Bulan Juni atau ketika digelar Haul Bung Karno . Di momen ini jumlah pengunjung bahkan meningkat sampai 15% yang mencapai 1300 sampai 1500 wisatawan perhari.

Peningkatan jumlah pengunjung juga terjadi ketika libur sekolah, libur hari raya dan libur akhir tahun Wisatawan yang berkunjung ke makam bung karno kebanyakan berasal dari luar kota, mayoritas dari Bali, Jakarta, Cirebon, bahkan dari Lampung dan Kalimantan Selatan.

(Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *