DAERAHTNI/POLRI

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air Sejak Dini, Pasiter Kodim 1710/Mimika Bekali Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika

Timika, penapersatuan.com – Sebagai upaya dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, khususnya keikutsertaan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pasiter Kodim 1710/Mimika Kapten Inf Teguh Heru Ponco M. memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan kepada peserta Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Saka Wira Kartika binaan Kodim 1710/Mimika bertempat di Pendopo Darmawangsa Makodim, Sabtu (27/05/2023).

Saat dikonfirmasi usai kegiatan, Pasiter mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan bekal dan kemampuan awal adik-adik peserta Persami agar memperoleh peningkatan rasa kecintaan terhadap tanah air serta rasa berbela Negara yang kokoh sejak dini sehingga dapat menghadapi tantangan saat ini dan mendatang. “Terlebih dalam era digitalisasi yang berlangsung saat ini, harus ditransformasi dengan baik kepada generasi penerus bangsa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pasiter mengatakan bahwa Nilai-nilai bangsa yang ada pada Pancasila tersebut harus ada ketika menghadapi perbedaan seperti mendahulukan kepentingan umum atau golongan, rela berkorban, optimisme, pantang menyerah, gotong-royong, dan nasionalisme. Menurutnya, nilai-nilai bangsa Indonesia ini harus dipahami sebagai wawasan kebangsaan. Pancasila sebagai falsafah Indonesia yang menyatu secara utuh menjadi jiwa bangsa Indonesia sehingga nilai-nilainya mengkristal dalam Pancasila sebagai nilai ke-Indonesiaan serta sekaligus pendorong cita-cita Proklamasi.

“Generasi muda harus berada di garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pemersatu bangsa, dimana keutuhan bangsa akan tergantung dari para generasi mudanya dengan turut serta menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” pungkasnya.

(Rohena/Kodim 1710/Mimika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *