METROPOLITAN

Stok Darah PMI Berkurang, Fransiska Fonda Endy Ajak Masyarakat untuk Sedekah Darah di Bulan Suci Ramadhan

Jakarta, penapersatuan.com – Pada bulan puasa stok darah PMI berkurang, tetapi permintaan akan kebutuhan darah bagi pasien yang kekurangan darah seperti kecelakaan, ibu melahirkan dan berbagai jenis penyakit yang memerlukan transfusi darah terus meningkat.

Tidak dapat dipastikan banyaknya permintaan darah di DKI Jakarta yang menjadi central keberadaan rumah sakit-rumah sakit rujukan nasional juga mempengaruhi banyaknya permintaan darah ke PMI DKI Jakarta setiap harinya.

Sebaliknya, pendonor yang rutin mendonorkan darahnya secara sukarela enggan untuk berdonor darah di bulan puasa karena kurangnya informasi atau pengetahuan pendonor tentang manfaat donor darah dibulan puasa dan tips-tips sebelum mendonorkan darah dibulan puasa.

Fransiska saat melakukan donor darah

Oleh karena itu Fransiska Fonda Endy selaku Dewan Pembina AWDI, mengajak masyarakat bahwa kegiatan donor darah di bulan suci ramadhan sangat baik dan sesuai keputusan Komisi Fatwa MUI DKI Jakarta pada tanggal 22 Rabi’ul Akhir 1421 H/24 Juli 2000 M tentang hukum donor darah bagi orang yang sedang berpuasa.

“Pengeluaran darah dari orang yang sedang menunaikan ibdah puasa, tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang yang bersangkutan. Bahkan, ditinjau dari sudut fadilah atau keutamaan, memberikan sumbangan darah oleh orang yang sedang berpuasa kepada orang yang membutuhkannya adalah suatu amal shaleh yang pahalanya lebih besar dibanding dengan amal shaleh yang dilakukan di luar bulan puasa,” ungkap Fransiska.

Dirinya pun ikut mendonorkan darah pada acara Bakti Sosial Donor Darah Babek TNI yang diselenggarakan pada Kamis, 6 April 2023 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

“Terima kasih kepada Kababek Bapak TNI Marsma I Gede W.Suyasa dan seluruh keluarga besar Babek TNI atas terselenggaranya kegiatan donor darah dengan tema, ‘Menjaring
Pahala di Bulan Penuh Berkah’.” pungkas Fransiska.

(Rohena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *