DAERAH

KH Musthofa Aqil Siradj Akan Hadir di Ponpes Nurul Qur’an Purbalingga

Purbalingga, penapersatuan.com – Sabtu, 11 Maret 2023 akan digelar Puncak Acara Haflah at Tasyakur dan Khataman di Ponpes Nurul Quran Kedungjati,Bukateja Purbalingga Jawa Tengah dengan menghadirkan pembicara KH Musthofa Aqil Siradj, Pengasuh Ponpes Kempek, Cirebon, Jawa Barat.

Rangkaian acara telah dimulai sejak beberapa hari yang lalu dengan ziarah dan Haul Pendiri Ponpes yakni KH Ichsanuddin.Berlanjut dengan karnaval santri dan akan dipungkasi dengan acara tabligh Akbar.

Pesantren Nuurul Qur’an Purbalingga Jawa Tengah ininbertempat di Jl Warudoyong RT 02 RW 07 Desa Bukateja Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga dengan areal tanah seluas kurang lebih 2 hektar. Pondok pesantren ini Didirikan oleh KH. Ichsanuddin yusuf dan istrinya Nyai Hj. Siti Qomariyah Ichsan, yang tepatnya pada tanggal 22 Januari 1987 M.

Pondok pesantren ini di resmikan oleh Pembantu Bupati untuk wilayah Kawedanan Bukateja (pada waktu itu dijabat oleh H. Munir) dan di beri nama Pondok pesantren NUURUL QURAN.

Seiring dengan berjalannya waktu, Pondok Pesantren Nuurul Quran mengalami banyak perkembangan. Perkembangan yang dialami oleh pondok pesantren digolongkan menjadi 3 golongan yaitu perkembangan pengajaran, perkembangan pengasuh, dan perkembangan jumlah santri.
Keberadaan Pondok Pesantren Nuurul Quran juga berimbas pada sektor ekonomi.

Keberadaan pondok pesantren juga mempengaruhi beberapa peran lainnya di masyarakat, di antaranya peran ekonomi, sosial, serta religi.

Pendiri Pondok Pesantren ini adalah KH. Ichsanuddin Yusuf (alm) dan Nyai Hj. Siti Qomariyah Ichsan (alm) yang pernah menimba ilmu di Ponpes Sarang Rembang dan Ponpes Pandanaran (Yogyakarta).

Saat ini pondok pesantren putra-putri diasuh oleh putra dan putri alm, dibawah asuhan KH Arif Mushodiq (putra tertua).

(Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *