METROPOLITAN

Peluang Besar Joko Agus Setyono Bakal Jadi Sekda DKI, SIB Siap Berkolaborasi dan Beri Dukungan Penuh

Jakarta, penapersatuan.com – Ketua Seniman Intelektual Betawi (SIB) Tahyudin Aditya, mendukung penuh Joko Agus Setyono sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, SIB juga siap bekerjasama membangun Jakarta.

Saat ini, jika dilihat dari hasil penilaian terakhir yang diketahui adalah nilai tes manajerial posisi pertama diraih Joko Agus Setyono sebesar (88,16) kemudian disusul oleh Dhany Sukma (87,07) dan Michael Rolandi (86,58). 

“Berdasarkan hal tersebut besar kemungkinan Joko Agus Setyono berpeluang dilantik menjadi Sekda DKI. Dan SIB mendukung penuh jika beliau menjadi Sekda definitif menggantikan H. Marullah Matali,” ujar Tahyudin kepada awak media, Selasa (14/2/2023).

Dirinya juga  yakin, Joko Agus Setyono akan mampu bekerja dengan baik membantu Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartono, dan akan cepat beradaptasi kepada rakyat Jakarta, terutama masyarakat Betawi sebagai masyarakat inti Jakarta.

Joko Agus Setyono

Karena pengalamannya saat menjadi pejabat di Provinsi Bali tentu sangat membantu memahami Budaya Betawi. Karena diketahui bersama Bali merupakan salah satu provinsi yang mengedepankan kearifan lokal, budaya Bali menjadi rujukan dalam pengelolaan dan kegiatan serta melibatkan seluruh elemen kebudayaan Bali dalam kegiatan Pemprov Bali.

“Adanya isu mengenai titipan atau apapun itu, sebaiknya diabaikan saja. Karena hal itu sangat tidak berdasar dan hanya dihembuskan oleh orang-orang yang tidak senang melihat Jakarta maju,” tegas Tahyudin, menepis isu adanya titipan dalam menentukan Sekda DKI Jakarta.

Sebelumnya, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan tiga nama calon Sekretaris Daerah atau Sekda DKI sudah dikirim kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk nantinya dipilih satu nama.

“Nanti akan dibahas di istana. Pak Menteri Dalam Negeri sudah kirim (ke Presiden),” kata Heru di Balai Kota Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023 seperti dilansir dari Antara. 

Dengan demikian, saat ini tiga nama calon Sekda DKI itu tinggal menunggu keputusan dari Presiden Jokowi. Namun, ia tidak mengetahui kapan keputusan hasil Sekda DKI terpilih akan terbit.

Adapun tiga nama calon sekda DKI hasil panitia seleksi yakni Joko Agus Setyono yang saat ini menjabat Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali.

Kemudian Dhany Sukma yang saat ini menjabat Wali Kota Jakarta Pusat dan Michael Rolandi Cesnanta Brata yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengelola Aset Daerah DKI Jakarta.

Adapun keputusan hasil seleksi dari panitia yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi Sekda DKI, Suhajar Diantoro pada Jumat, 27 Januari 2023 tersebut bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.

Namun dalam surat keputusan dari panitia seleksi itu tidak menampilkan total nilai dari seluruh tahapan seleksi.

Adapun nilai terakhir yang diketahui adalah nilai tes manajerial yang di posisi pertama diraih Joko Agus Setyono sebesar 88,16, kemudian posisi kedua Dhany Sukma (87,07) dan Michael Rolandi (86,58).

Mereka sudah melalui rangkaian seleksi mulai administrasi, kompetensi bidang dengan penulisan makalah, tes manajerial, dan sosio kultural hingga tes wawancara dengan panitia seleksi.

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yakni Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono menyerahkan tiga nama calon yang telah lolos tiga besar seleksi itu melalui Menteri Dalam Negeri kepada Presiden RI.

Pada ayat 5 pasal 114 Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) disebutkan Presiden memilih satu dari tiga nama calon untuk ditetapkan sebagai pejabat pimpinan tinggi madya (sekda DKI).

(Fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *