METROPOLITAN

Ketua SIB Apresiasi Langkah Sudin Kebudayaan Jakarta Barat dalam Rangka Pelestarian Budaya Betawi

Jakarta, penapersatuan.com – Ketua Seniman Intelektual Betawi (SIB) Tahyudin Aditya, memberikan apresiasi kepada Drs. H. Ahmad Syaropi, M.Si sebagai Kepala Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Barat yang telah memberikan stimulus Lispang Gigi Balang kepada seluruh Sanggar yang ada di Jakarta Barat.

Menurut tokoh Betawi yang kerap diundang menjadi pembicara tentang budaya Betawi tersebut, apa yang dilakukan oleh Bang Yopi (sapaan akrab dari Ahmad Syaropi) merupakan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) No.4 tahun 2015.

Ketua SIB, Tahyudin Aditya

“Sebagai Ketua SIB saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Bang Yopi, yang sudah mempelopori pelestarian Kebudayaan Betawi,” terang Tahyudin.

Dirinya juga berharap apa yang sudah dilakukan oleh Sudin Kebudayaannya Administrasi Kota Jakarta Barat ini, segera dilakukan juga oleh Sudin Kebudayaan wilayah lain yang ada di DKI Jakarta.

Sebagai Ketua SIB dirinya juga berharap, kedepannya bukan saja arsitektur Betawi (gigi balang), tapi ikon Betawi yang lainnya juga harus lebih sering disosialisasikan seperti pakaian adat juga kuliner asli Betawi sesuai dengan pakem dan Peraturan Gubernur (Pergub) No.11 tahun 2017.

“Selain Ornamen Gigi Balang, ikon Betawi yang lain juga harus sesuai pakem dan Pergub yang sudah diterbitkan. Seperti Ondel-Ondel, Kembang Kelapa, Baju Sadariah, Kebaya Kerancang, Batik Betawi, Kerak Telor juga Bir Pletok,” jelas Tahyudin Aditya saat ditemui dikediamannya, Jum’at (27/1/2023).

Penting hal tersebut dilakukan agar eksistensi dari Budaya Betawi dapat terasa di DKI Jakarta. “Eksistensi itu harus dapat dirasakan oleh masyarakat Jakarta, turis baik lokal maupun asing terhadap kebudayaan asli masyarakat inti Jakarta,” pungkasnya.

(Fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *