Miris Rumah di Kelurahan Taruma Jaya Yang Dihuni Satu Keluarga Nyaris Roboh

Bekasi, penapersatuan.com – Sungguh miris kondisi sebuah rumah di Kp Klapa Bojong RT 002 RW 21A Desa Segerajaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Rumah yang dihuni Sani beserta anak dan cucunya yang masih balita tersebut kondisinya nyaris roboh.

Sani dan keluarganya diliputi rasa cemas ketika hujan bercampur angin kencang datang. Rumah yang terbuat dari bambu, beberapa sisi ditutupi terpal plastik, karna dinding rumahnya sudah bolong bolong.

“Kami sekeluarga sudah menghuni rumah ini sejak 15 tahun yang lalu. Ketika hujan pasti bocor dimana-mana,” papar Sani, Rabu (4/1/2023).

Ditambahkan pula “Kondisi di dalam rumah basah semua, sehingga tidak bisa dipakai masak atau istirahat. Jika banjir besar, air naik sampai setengah dinding rumah, yang saya khawatirkan ketika hujan angin, karna takut tertimpa jika rumah roboh terpaksa saya bawa anak cucu saya keluar rumah dan menumpang berteduh dirumah saudara saya” tambahnya disela Isak tangisnya.

Dalam keseharian, keluarga Sani bekerja sebagai buruh harian lepas, sementara Wahyudi anaknya adalah seorang pekerja serabutan, dan sudah hampir setahun Sani sudah tidak lagi dapat turun ke sawah untuk sekedar kuli nyabut rumput “saya sudah gak bisa lagi bekerja karna kondisi yang sudah tidak memungkinkan, selain sudah tua saya sudah sering sakit” keluh Sani.

Namun Karna faktor ekonomi yang sangat kurang dan memang tidak memiliki penghasilan tetap keluarga itu tidak bisa melakukan renovasi rumah mereka dan jika dibiarkan, dikhawatirkan akan roboh.

Keluarga ini sangat mengharapkan uluran tangan untuk mendapat bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) berbentuk pondasi.

Rumah peninggalan almarhum suaminya adalah satu satunya tempat Sani dan keluarganya berteduh, sungguh sangat Ironis ditengah sebuah desa masih ada warga yang menghuni rumah dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, masih adakah nurani pemangku wilayah setempat untuk memberikan bantuan dan merenovasi rumah Sani dan keluarga kecilnya.

(Rohena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *