Jelang Pemilu 2024, 29 Anggota PPK se-Jakarta Utara Resmi Dilantik

Jakarta, penapersatuan.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Bahder melantik 29 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Acara pelantikan dan pembekalan tersebut berlangsung di Ruang Bahari, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (4/1).

Proses pelantikan anggota PPK se-Kota Administrasi Jakarta Utara disaksikan langsung oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Marlina, Asisten Pemerintahan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Iyan Sopian Hadi, Kasuban Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Utara, Yunus Burhan, dan jajaran Forkopimko Jakarta Utara.

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada para anggota PPK se-Kota Administrasi Jakarta Utara yang baru dilantik. Dalam melaksanakan tugas yang terpenting adalah menjaga kekompakan, selalu berkoordinasi, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pihak-pihak yang kompeten sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,” ujar Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Ali Maulana Hakim.

Puluhan anggota PPK yang baru dilantik akan melaksanakan tugas sesuai dengan PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 7 ayat 1 dan 2. Adapun tugas dari PPK dalam Pemilu adalah melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat Kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

Selanjutnya, menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten/Kota, melakukan dan mengumumkan rekapitulasi suara Pemilu, melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kerjanya, melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK kepada masyarakat, dan lainnya.

“Tentunya, bukan pekerjaan yang mudah karena Pemilu 2024 menjadi momen bersejarah bagi rakyat Indonesia. Butuh upaya yang besar untuk dapat menjadi bagian dari penyelenggaraan Pemilu serentak. Untuk itu, saya juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari bapak dan ibu semua untuk kesediaannya menjadi anggota PPK di wilayah Jakarta Utara,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari KPU Provinsi DKI Jakarta, Marlina menegaskan bahwa pelantikan bukan hanya seremonial belaka tanpa makna. “Ini menjadi bekal sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat Kecamatan. Semua telah menjadi keluarga besar KPU, tugas kita adalah melayani dan integritas harga mati. Stop money politik, stop KKN, dan stop kecurangan manipulasi data,” imbaunya.

(Rohena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *