Tim Transportasi Medis Udara AGD Dinkes DKI Berkolaborasi dengan Basarnas dalam Misi Kemanusiaan Lintas Sektoral

Jakarta, penapersatuan.com – Tim Transportasi Medis Udara AGD Dinkes DKI Jakarta dalam Satuan Tugas Dukungan Kesehatan operasi Nataru 2023 dalam melakukan kesiapsiagaan penyelamatan dan pertolongan pada korban melakukan kolaborasi bersama Basarnas, Daby Air, Sabtu (31/12/2022).

Setelah terbentuknya Ambulans Laut milik AGD Dinkes DKI Jakarta, tim medis Ambulans Udara menyusul memberikan inovasi dalam mengembangkan kolaborasi lintas sektoral dengan beberapa pihak. Salah-satunya dengan Basarnas Evakuasi Udara, dan juga Dabi Air yang di harapkan dapat melakukan evakuasi pertolongan dengan cepat kepada korban atau pasien maupun kejadian luar biasa lainya.

“Insyallah kita akan terus berupaya menjalin kerjasama yang baik dengan lintas sektoral, terkhusus mengenai evakuasi udara, hal tersebut sudah menjadi tuntutan dengan perkembangan zaman sejalan dengan perkembangan Jakarta juga Pulau Seribu,” ungkap Kepala Penanggung Jawab Medis Trasnportasi Udara (P) Umaruzzaman.

Umaruzzanan menambahkan, kita semua tau dimana kurang lebih ada 50 gedung pencakar langit di Jakarta, jalan tol dan LRT/MRT. Dapat dibayangkan jika terjadi kegawatdaruratan di tempat tersebut ketika Ambulans Darat dan Laut tidak bisa masuk ke TKP apa yang terjadi?

“Yah golden periodenya tidak tercapai maka tidak menutup kemungkinan apa yang tidak kita harapkan pada korban semakin terjadi dan bisa semakin memburuk” tambah Umaruzzanan.

PJW Udara AGD Dinkes Dki jakarta berharap bahwa kegiatan-kegiatan hari besar tersebut memang harus menjalin kerjasama antar lintas sektoral untuk tujuan yang sama yaitu misi kemanusiaan.

(Rohena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *