Haul Pertama Almarhum Haji Lulung jadi Tempat Silaturahmi Ulama, Habib, Tokoh Masyarakat dan Pengurus PPP

Jakarta, penapersatuan.com – Posko Haji Lulung di Jalan Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (17/12/2022) malam ramai dipenuhi ulama, habib dan tokoh Betawi yang datang untuk menghadiri peringatan Haul Pertama wafatnya almarhum Haji Lulung Lunggana.

Ratusan warga pun datang dari berbagai wilayah DKI Jakarta, kedatangannya pun disambut ramah oleh Guruh Tirta Lunggana, Hawali Mughni dan Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad selaku Ketua Panitia acara Haul Pertama almarhum Haji Lulung.

Habib Ali Kwitang Al-Habsyi, Habib Soleh bin Muhammad Bagir Alatas, Habib Novel Alydrus, Habib Ibrahim, KH. Maulana Kamal Yusuf KH. Munawir Aseli, KH. Mahfudz Asirun, KH Nursyofa Thohir, Ustadz Abdurrahman Jailani, dan KH Sofwan Nizomi tampak hadir dalam acara tersebut.

Dari unsur pemerintahan tampak Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan. Hadir juga Ketua Pemuda Pancasila (PP) DKI Jakarta Ilyas Abdillah, Sekjen Bamus Betawi Syarif Hidayatullah, Ketua FKDM DKI Jakarta Munir Arsyad hingga jajaran pengurus teras DPW PPP DKI Jakarta, Belly Bilalussalam, Abdul Azis serta Ketua serta pengurus DPC PPP se-DKI Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, ulama Betawi yang juga Ketua Majelis Syariah DPW PPP DKI Jakarta, KH. Munawir Aseli sangat kagum dengan sosok almarhum, terutama dengan cara Haji Lulung menjaga hubungan dan kedekatan dengan para ulama dan habaib di Jakarta.

“Setiap ada persoalan, almarhum selalu datang dan bertanya ke ulama, dan setelah itu beliau menghadapinya dengan penuh keyakinan, itulah gaya almarhum berpolitik,” ujar Kyai Munawir.

Menurutnya, Haji Lulung sudah menjadi tokoh politik kebanggaan masyarakat Betawi. Sehingga beliau begitu dielu-elukan kaum Betawi sebagai masyarakat inti Jakarta. “Ini saya kira perlu dicontoh oleh anak-anaknya dan semua para pecinta Haji Lulung,” pesan Kyai Munawir.

Selanjutnya, KH. Syofa Nizomi mengenang sosok almarhum sebagai simbol perlawanan. “Almarhum, selalu tampil terdepan terhadap setiap kesewenang-wenangan dan kezaliman. Sehingga umat pun merasa terwakili,” sambungnya.

Sementara Guruh Tirta Lunggana selaku putra almarhum menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, rekan dan kolega yang telah meringankan langkahnya hadir ke acara haul setahun berpulangnya Haji Lulung untuk mendoakan Almarhum. “Semoga semua kebaikan hadirin semua, dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang berlipat ganda,” ucap Tirta yang juga Ketua DPW PPP DKI Jakarta.

Sementara itu, Ketua Panitia haul Haji Lulung, H. Riano P Ahmad menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan rangkaian acara haul. Alhamdulillah, pelaksanaan rangkaian haul berjalan baik dan lancar, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang membantu pelaksanaan haul, khususnya kepada Pak Djan Farid.

“Tentu, kami juga menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dalam penyambutan, baik tempat maupun jamuan. Sekali lagi, terima kasih,” ujar Riano.

Sementara Ketua OKK DPC PPP Jakarta Pusat M. Sanusi Flamboyan mengatakan, acara haul tersebut juga menjadi ajang silaturahmi para tokoh Betawi khususnya yang ada di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Selain tokoh, almarhum Bang Haji Lulung juga pantas menjadi contoh, khususnya untuk masyarakat Betawi dan pengurus Partai Persatuan Pembangunan, bagaimana sepak terjang dan perjuangannya almarhum,” papar Sanusi.

Selaku pengurus PPP, dirinya juga berharap kepada DPP PPP agar dapat melihat apa yang sudah diperjuangkan almarhum untuk membesarkan kembali PPP di DKI Jakarta.

“DPP harus bisa mengambil langkah bijak terhadap pengurus DPW PPP DKI, jangan lagi ada masalah yang efeknya hanya membuat terhambatnya perjalanan roda organisasi DPW PPP DKI. Berikan keluasan DPW PPP DKI dibawah Kepemimpinan Bang Guruh Tirta Lunggana untuk meneruskan cita-cita almarhum dalam mengembalikan kejayaan PPP khususnya di DKI Jakarta,” pungkas Sanusi.

(Fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *