Riano; Mengenang Ketokohan Sosok Inspiratif Kaum Betawi, Rangkaian Haul Pertama Almarhum Haji Lulung

Jakarta, penapersatuan.com – Rabu (14/12/2022) makam almarhum H. Lulung AL SH ramai dikunjungi penziarah. Ratusan orang ikut menghadiri acara ziarah dalam rangka Haul almarhum Abraham Lunggana di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Menurut Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad, acara ziarah ke makam tokoh Betawi mantan Ketua Umum Bamus itu adalah rangkaian dari haul Haji Lulung yang pertama. Setelah kepergiannya pada tanggal 14 Desember 2021 lalu.

“Alhamdulillah, selain keluarga besar almarhum hadir juga dalam ziarah tersebut adalah Bang Haji Marulloh Matali selaku Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata,” terang Riano yang merupakan Ketua Panitia dari acara Haul almarhum H. Lulung.

Tampak hadir juga dalam acara Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, Kapolsek Tanah Abang Kompol Pandji Ramadhan, Pengurus Harian Bamus Betawi, Ormas Betawi dan sejumlah politisi dari partai berlambang Ka’bah, Belly Bilalussalam juga Ichwan Zayadi.

Acara ziarah tersebut diawali dengan pembacaan tahlil, tahmid dan zikir dan dilanjutkan dengan sambutan dari Hawali Mughni Lunggana, putra dari almarhum disambung oleh H. Marullah Matali. Para tokoh yang hadir juga membacakan surah Yasin dan dilanjutkan dengan acara tabur bunga di pusara makam almarhum.

Menurut Ketua Panitia Haul Riano, almarhum Haji Lulung tidak hanya baik dan disegani. Orang-orang yang mengenal Haji Lulung juga mengatakan kalau almarhum merupakan tokoh yang inspiratif, terutama bagi warga Betawi.

Haji Lulung, masih kata Riano, merupakan sosok yang bisa melakukan terobosan-terobosan, melakukan tindakan-tindakan yang berani, terukur dan terarah, dan dengan karakternya itu, almarhum bisa memiliki peluang, kesempatan, dan punya kemampuan bersaing yang mumpuni.

“Haji Lulung juga memiliki kemampuan berargumentasi yang baik, dan menyukai anak muda, sehingga selama hidupnya Haji Lulung yang pernah menjadi kader PPP dan PAN, telah mengkader banyak anak muda,” terang Riano.

Menurut Riano, Haji Lulung merupakan sosok yang bisa menjadi panutan bagi banyak orang, terutama bagi warga Betawi. Hadirnya ratusan orang dalam acara ziarah, membuktikan kalau almarhum memiliki nama yang besar sebagai seorang tokoh.

“Puncak rangkaian Haul Pertama Haji Lulung akan diisi dengan kegiatan doa sekaligus perayaan Maulid Nabi SAW pada Sabtu (17/12/2022) di kantor almarhum di Jalan Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat,” kata Riano.

Sementara Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali mengatakan, dirinya sangat kenal dan dekat dengan almarhum Haji Lulung. Marullah mengakui bahwa almarhum termasuk tokoh yang baik dan disegani, sehingga tak mengherankan jika ziarah inipun dihadiri banyak orang.

Mantan Sekda Provinsi DKI yang juga putera Betawi ini mengakui kalau kebaikan seseorang bukan dilihat saat ketika masih hidup, tetapi setelah wafat.

“Ini adalah bukti nyata dari ketokohan almarhum, dengan berbondong-bondong orang berziarah saat ini, membuktikan kalau semasa hidup Beliau memang orang baik dan disegani,” pungkas Marulloh.

(Fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *