Rauhah Haul Habib Ali bin Muhammad Husein al Habsyi Dibuka,
Rekayasa Lalin dan Kantong Parkir Haul Solo

Gurawan, Solo, penapersatuan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan lima kantong parkir kendaraan bermotor jemaah pada pelaksanaan Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di wilayah Pasar Kliwon, Solo, 12-16 November mendatang.

Kelima kantong parkir kendaraan bermotor, yakni Alun-alun Utara, Alun-alun Selatan, Benteng Vastenburg, area parkir Loji Wetan, dan gedung parkir Ketandan. Kegiatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi diawali dengan acara rauhah atau mengaji dan membaca Alquran pada 12-14 November.

Kemudian, acara peringatan haul dilaksanakan pada 15 November pukul 09.00 WIB-12.00 WIB. Keesokan harinya, rangkaian peringatan haul dilanjutkan dengan acara maulud.

Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi merupakan agenda rutin tahunan yang berpusat di Masjid Ar Riyadh, Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo. Puluhan ribu hingga ratusan ribu orang diperkirakan memadati area sekitar Masjid Ar Riyadh.

Guna memfasilitasi kendaraan bermotor milik jemaah, pemerintah telah menyiapkan kantong-kantong parkir kendaraan bermotor. Kendaraan besar seperti bus bisa diparkir di Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Sedangkan mobil dan sepeda motor bisa diparkir di Benteng Vastenburg, area parkir Loji Wetan, dan gedung parkir Ketandan.

“Jemaah bisa berjalan kaki menuju Masjid Riyadh,” kata Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Dishub Solo, Mudo Priyatno, saat berbincang Kamis (10/11/2022).

Mudo telah berkoordinasi dengan keturunan atau kerabat keluarga Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo selaku panitia acara peringatan haul. Ada beberapa hal yang dibahas seperti rangkaian kegiatan hingga manajemen rekayasa lalu lintas di area lokasi masjid.

Sejak hari Sabtu sampai hari Minggu ini sudah dibuka Rauhah dengan pembacaan Qasidah yang dibaca bergiliran oleh para Habaib. Dipimpin Habib Anis al Habsyi.

Suara Qasidah indah terlantun oleh Habib Alwi bin Ali bin Alwi bin Ali bin Muhammad Husein al Habsyi (Habib Alwi Kuadrat) terlantun sejak ba’da Sholat Asyar.
Tampak habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf turut datang di aula Riyadh,Gurawan Pasar Kliwon.

Pengalihan Arus Lalu Lintas
Ruas Jl Kapten Mulyadi mulai simpang empat Sangkrah-simpang empat Baturono ditutup total. Penutupan jalan dilakukan mulai 14-16 November pada pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

“Arus lalu lintas baik dari utara maupun selatan dialihkan melewati ruas jalan lain. Dari utara bisa melewati Jl Slamet Riyadi sampai simpang Nonongan. Nantinya, diterapkan sistem contra flow. Sedangkan dari arah selatan melewati Jl Veteran,” ujarnya.

Sementara itu, seorang keturunan Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, Habib Ali bin Hasan Al Habsyi, mengatakan jumlah jemaah yang datang untuk menghadiri acara peringatan haul di Solo diperkirakan lebih dari 100.000 orang.

Mereka berasal dari berbagai penjuru di Tanah Air dan luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan Yaman. Panitia menyiapkan lima ton beras dan 500 ekor kambing untuk menyambut para tamu.

Sap-Siap! Jl Kapten Mulyadi Solo bakal Ditutup Total saat puncak Haul Habib Ali bin Muhammad bin Husain al Habsyi.

“Jumlah jemaah saat acara peringatan haul sebelum pandemi Covid-19 pada 2019 sekitar 100.000 orang. Nah, mungkin sekarang lebih dari itu. Ada kebiasaan, jumlah jemaah pasti meningkat dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

(Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.