Dalam Rangka Mengenalkan Keberagaman Budaya Indonesia, SMPN 11 Kota Tangeraang Adakan Kegiatan P5

Kota Tangerang, penapersatuan.com – SMP Negeri 11 Kota Tangerang menggelar acara Proyek Penguatan Propil Pelajar Pancasila (P5), Senin (31/10/2022) yang diadakan sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda.

Tujuan diadakannya kegiatan P5 tersebut dalam rangka mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia, selain pakaian adat, kuliner khas daerah, kesenian daerah juga keberagaman bahasa daerah yang ada di Indonesia. Seperti yang dituturkan oleh Ibu Suwaibatul Aslamiyah, yang akrab disapa Ibu Mia.

Dalam kegiatan tersebut, tambah Ibu Mia, SMP Negeri 11 mengambil tema ‘Kebhinekaan Global dan Kewirausahaan’, sesuai kurikulum merdeka, kelas 7 harus ada proyek mandiri. Melalui aksi nyata siswa dapat menumbuhkembangkan kreativitas dan kemandirian.

“Alhamdulillah kegiatan ini di dukung oleh para PKS, Guru, Staf Karyawan, Komite Sekolah, para orangtua murid serta seluruh elemen warga SMP Negeri 11 Kota Tangerang yang selalu memberikan support dan dukungan sehingga kegiatan berjalan lancar dan baik. Meskipun sedikit ada perubahan dalam susunan acara, namun tidak menjadi hambatan dalam pelaksanaannya yang dilakukan sesuai prosedur,” terang Ibu Mia.

Kepala Sekolah SMP Negeri 11 Kota Tangerang Drs. H Amsir M.Pd, sangat merespon dan mendukung segala aktivitas positif kegiatan P5 tersebut.

H. Amsir berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan pada saat projek sebatas nilai saja. Melainkan hrs terus di pupuk serta dikembangan untuk menghasilkan siswa-siswi yang berpotensi.

Kegiatan P5 tersebut diisi dengan berbagai penampilan para siswa-siswi Kelas 7 SMP Negeri 11 melalui aksi nyata seperti Fashion Show, Tarian Daerah, Lagu, Slogan, Budaya serta Makanan Khas Daerah yang ada di Indonesia.

Seperti Kelas 7.1 menggunakan adat budaya Bali, 7.2 Adat Sunda, 7.3 Adat Sumatera Utara, 7.4 Adat Aceh, 7.5 Adat Jogja, 7.6 Adat Padang, 7.7 Adat Banten, 7.8 Adat Betawi, 7.9 Adat Papua dan 7.10 mengenakan Adat Jawa Tengah.

Para Wali ikut berperan dalam mensukseskan kegiatan ini. Karena kegiatan tersebut dibutuhkan kolaborasi peran guru, orangtua dan siswa untuk saling bersinergi.

Harapannya, tambah Ibu Ima, agar kegiatan ini dapat membawa dampak baik kedepannya serta menumbuhkembangkan potensi bakat siswa-siswi yang kreatif dan inovatif di SMP Negeri 11 Kota Tangerang tersebut.

Acara tersebut dapat sambutan positif dari orangtua siswa juga masyarakat sekitar. Bahkan, tamu dari luar yang berkunjung untuk melihat acara sekaligus datang ke arena bazar juga sangat luar biasa.

Hadir juga dalam acara kegiatan P5, Pengawas SMP Negeri 11 Bapak Drs. H. Mudari M.Pd, dirinya juga memberikan apresiasi yang sangat baik. Siswa-siswi Kelas 8 dan 9 SMP Negeri 11 juga ikut meramaikan acara ini. Mereka sangat antusias dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kegiatan P5 SMP Negeri 11 Kota Tangerang tersebut dibuka dan ditutup dengan pemukulan Gong Budaya.

(Fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.