Takmir Masjid Al Barokah Gelar Maulid

Purbalingga, penapersatuan.com -Dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, Takmir Masjid “Al Barokah” Desa Cipawon, Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menggelar baca kitab Diba’i karangan Imam Abdurrahman Ad Dibai dari Awal hingga Akhir yang dipimpin Ustadz ‘Abidin.

Tampak beberapa tokoh masyarakat ikut hadir, KH. Mumasdar Lutfilah, H. Saryono, Bapak Agus dan tak ketinggalan takmir Mushola mengikuti pembacaan maulid dengan hidmat.

Acara yang berlangsung sekitar satu jam dari bada Isya sampai jam 21.00, Rabu 19 Oktober 2022 dipimpin ‘Ustadz ‘Abidin dan disela-sela pembacaan maulud dibaca Aqidatul Awam.

Aqidatul Awam adalah salah satu nadhom kitab yang populer. Sesuai dengan namanya, Aqidatul Awam berarti “aqidah untuk orang-orang awam” yang mana kitab ini diperuntukkan bagi para umat Islam dalam mengenal ilmu tauhid lebih dalam.

Kitab ini diciptakan oleh Syeikh Sayyid Ahmad Al Marzuqi Al Maliki Al Hasani. Nah, bacaan Aqidatul Awam cukup populer dan sudah banyak diajarkan di berbagai pondok pesantren di Tanah Air.

Profil pencipta kitab ini yaitu Syeikh Sayyid Ahmad Al Marzuqi Al Maliki Al Hasani. Sebagai informasi, Syeikh Ahmad Marzuqi lahir di kota Mesir sekitar tahun 1205 Hijriah. Meski lahir di Mesir, hampir sepanjang hidupnya Syekh Ahmad Marzuqi tinggal dan mengajar di kota Mekkah. Berkat kepandaian dan kecerdasannya, akhirnya Syekh Ahmad Marzuqi diangkat menjadi Mufti Madzhab Al-Maliki di Mekkah, menggantikan Sayyid Muhammad yang meninggal sekitar tahun 1261 H.

Selain itu, Syekh Ahmad Marzuqi juga dikenal sebagai seorang pujangga yang mendapat julukan “Abu Al-Fauzi”. Ia juga dikenal sebagai seorang penulis yang handal, terutama menyangkut soal pujian kepada Allah SWT.

Doa penutup Maulid dipimpin. Ustadz Syukron Makmun, selepas itu makan snack bersama di serambi Masjid.”Kegiatan ini baru awal, jadi hanya membaca maulud saja, tidak ada ceramah,” kata Ustadz ‘Abidin menutup perbincangan.

(Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.