Anies Baswedan Canangkan Revitalisasi Stadion Sepak Bola Tugu Jakarta Utara

Jakarta, penapersatuan.com – Secara simbolis, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melaksanakan pencanangan revitalisasi Stadion Sepak Bola Tugu Jakarta Utara, Rabu (12/10/2022). Dipastikan, seluruh fasilitas stadion akan mengikuti standar FIFA dan terintegrasi dengan akses transportasi publik.

“Bisa dilihat disini banyak fasilitas yang rusak, umur stadion ini sudah 35 tahun karena itu kita melakukan revitalisasi dan dibangun dengan standar FIFA diintegrasikan dengan lingkungan sekitar yang menggunakan prinsip-prinsip ramah lingkungan sehingga stadion ini bisa jadi percontohan,” jelas Anies didampingi Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta, Uus Kuswanto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus serta Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Anies menegaskan bukan hanya stadionnya yang direvitalisasi tapi kapasitasnya penonton juga akan ditingkatkan hingga dua kali lipat.

“Semula 2 ribu penonton nanti bisa menjadi 4 ribu. Nantinya juga akan ada plaza publik, ruang untuk UMKM dan terintegrasi dengan transportasi umum jadi konsepnya bukan hanya membuat stadion untuk penonton dan pemain tapi juga sebagai tempat yang menggerakan perekonomian, tempat interaksi masyarakat dan contoh pengelolaan berbasis lingkungan,” ungkapnya.

Direncanakan, proses pembangunan Stadion Sepak Bola Tugu akan rampung pada November 2023 dengan menelan biaya sekitar Rp 181 Miliar.

“Untuk tahap pertama pembangunan akan dialokasikan Rp 80 Miliar. Kami harap dapat mempertahankan tiga prinsip yaitu kualitas terjamin, biaya sesuai dengan yang dirancang dan waktunya tepat sesuai yang dijadwalkan,” tambah Anies.

Ia pun berpesan apabila stadionnya sudah bagus maka tim sepak bola kebanggaan Jakarta Utara juga harus meningkatkan prestasi.

“Proses yang panjang itu akan menemui akhirnya, hari ini babak baru pembangunan segera dilaksanakan. Apa yang terjadi di stadion ini diharapkan manfaatnya bisa terasa pada seluruh masyarakat,” harap Anies.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus menambahkan, bahwa upaya revitalisasi Stadion Sepak Bola Tugu dilatar belakangi beberapa hal dimana adanya kebutuhan perbaikan dan kondisi stadion yang tidak representatif.

“Revitalisasi stadion dapat memberikan dampak yang signifikan untuk perkembangan sepak bola dan menjadi ruang ketiga bagi warga Jakarta Utara,” pungkas Achmad Firdaus.

(Rohena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.