Dirjen Dukcapil: Blangko Kosong KTP el Sudah Tersedia, Masyarakat Segera Hubungi Dinas Dukcapil Terdekat

Jakarta, penapersatuan.com – Kelangkaan blangko kartu tanda penduduk (KTP) elektronik sempat terjadi pada bulan Agustus – September 2022 karena sedang proses pencetakan. Di satu sisi, permintaan perekaman dan pencetakan kartu identitas relatif tinggi.

Setelah beberapa waktu lalu habis, saat ini blangko KTP el kembali tersedia. Bahkan, pemerintah pusat telah mendistribusikan 3.1 juta blangko KTP-el ke semua provinsi.

“Saat ini sejak 5 Oktober blangko sudah tersedia kembali. Pemerintah pusat sudah mencetak lebih dari 3.1 juta keping,” ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH keterangan videonya, Kamis (6/10/2022).

Oleh karena itu, Dirjen Zudan mengingatkan, bagi Kepala Dinas Dukcapil seluruh Indonesia yang blangko nya sudah menipis segera ambil.

“Dan kepada masyarakat tolong beri tahu saya kalau ada daerah yang blangko nya habis,” imbuhnya.

“Saat ini blangko tersedia cukup. Oleh karena itu yang belum membuat KTP el segera buat hubungi Dinas Dukcapil terdekat,” sambung Prof. Zudan.

Dukcapil sendiri memiliki skala prioritas mencetak KTP el. Skala prioritas ini untuk pembuat KTP baru atau warga yang baru memasuki usia 17 tahun dan baru mengurus KTP nya.

Kedua, pembuatan KTP karena alasan penting seperti hilang dan lain sebagainya.

(Diel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.