Asah Kreatifitas Penggalang, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Utara Gelar Lomba Tingkat III

Jakarta, penapersatuan.com – Lomba Tingkat III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Administrasi Jakarta Utara Tahun 2022 resmi dibuka, Jumat (7/10).

Berlokasi di Lapangan Sepak Bola Komplek TNI Angkatan Laut Dewa Kembar, Kelurahan Semper Timur, Cilincing, lomba diikuti ratusan peserta yang terbagi dalam 36 regu dari enam Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Jakarta Utara.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Muhamad Alwi menyatakan resmi dimulainya Lomba Tingkat III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Administrasi Jakarta Utara Tahun 2022.

Lomba ini sejatinya berlandaskan prinsip-prinsip dasar metode pendidikan kepramukaan dan bertujuan meningkatkan kreatifitas, kecakapan, dan kemampuan Pramuka Penggalang.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Lomba Tingkat III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Administrasi Jakarta Utara Tahun 2022 resmi dibuka,” ucap Muhammad Alwi dalam sambutannya di Lapangan Sepak Bola Komplek TNI Angkatan Laut Dewa Kembar, Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (7/10).

Alwi menyarankan untuk regu yang kalah dalam lomba tidak berkecil hati dan regu pemenang tidak berbesar hati karena akan kembali diikutsertakan dalam pada jenjang lomba tingkat berikutnya.

Sejatinya perlombaan ini merupakan ajang pembelajaran kerja sama sekaligus ajang mempererat persaudaraan sesama anggota Pramuka Penggalang se-Jakarta Utara.

“Kami berharap lomba ini menjadi suatu ajang kebersamaan satu sama lainnya. Tetap menjaga kondisi kesehatan dan junjung sportifitas serta laksanakan lomba sebaik mungkin,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua Pembinaan Anggota Muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Utara, Darpi menerangkan, lomba yang digelar hingga Minggu (9/10) diikuti 18 Regu Putra dan 18 Regu Putri yang sebelumnya telah memenangkan lomba serupa pada tingkat I atau Gugus Depan dan tingkat II atau Ranting.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Administrasi Jakarta Utara akan mengirimkan dua Regu Putra dan dua Regu Putri terbaik dari hasil Lomba Tingkat III ini untuk mengikuti lomba serupa pada tingkat IV atau Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta.

“Ada delapan belas mata lomba diantaranya administrasi, keterampilan berbaris menggunakan tongkat, sandi morse, peta topographi, kompas, video perjalanan, desain poster, hingga kuliner, dan seni budaya. Lomba ini kami selesaikan selama tiga hari hingga hari Minggu nanti,” tutup Darpi.

Diketahui, pembukaan Lomba Tingkat III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Administrasi Jakarta Utara Tahun 2022 juga dihadiri Camat Cilincing, Anita Permata Sari dan Lurah Semper Timur, Sarmudi. Acara dilanjutkan dengan peninjauan dan aneka macam perlombaan dari setiap regu.

(Rohena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.