Habib Zen bin Umar bin Smith Telah Berpulang

Jakarta, penapersatuan.com | Innalilahi wa inna ilaihi roji’un. Kabar duka kembali menyelimuti umat islam dunia. Habib Zen Bin Umar meninggal dunia pada Rabu 10 Agustus 2022.

Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah sekaligus Mustasyar PBNU itu meninggal setelah menjalani perawatan beberapa hari terakhir di RS JMC, Jakarta Selatan.

Dalam pernyataan resmi Rabithah Alawiyah, Rabu (10/8/2022), seluruh pengurus Rabithah menyatakan duka mendalam atas wafatnya sosok pengayom bangsa ini.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un duka mendalam bagi Rabithah Alawiyah atas wafatnya Ketua Dewan Syuro kami, Habib Zein Bin Umar Bin Sumaith. Atas nama organisasi kami memohon doa dari masyarakat agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tulis pernyataan resmi DPP Rabithah Alawiyah, Rabu (10/8/2022).

Juru bicara Rabithah Alawiyah  Habib Ahmad Mujtaba Shahab, mengkonfirmasi kabar meninggalnya Habib Zein.

”Iya betul tadi, kita juga dapat kabar Habib Zein bin Umar bin Smith beliau wafat tadi,” kata Habib Mujtaba.

Semasa hidupnya, Habib Zein bin Umar bin Smith pernah tercatat sebagai Ketua Umum Rabithah Alawiyah.

Terkait organisasi Rabithah Alawiyah yang Habib Zein bin Umar bin Smith pernah menjadi ketua umumnya merupakan organisasi yang menaungi para keturunan dari baginda Nabi Muhammad di Indonesia.

Dalam sejarah yang tercatat, organisasi ini sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka, pada saat itu, namanya masih Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah. Sekarang berganti menjadi Rabithah Alawiyah yang bermarkas di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan dengan ketua baru yakni Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf (Pasuruan).

Habib Zein bin Umar bin Smith selain aktif di Rabithah Alawiyah juga pernah berkecimpung dan tercatat sebagai Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tahun 2022-2027.

Dikutip dari NU Online, untuk jajaran Mustasyar, Habib Zein bersama tiga Habib lainnya yakni Habib Luthfi Bin Yahya dari Pekalongan, Jawa Tengah dan AGH Habib Abdurrahim Assegaf Puang Makka dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Demikian itulah sosok Habib Zein bin Umar bin Smith yang wafat pada hari ini dan dikenal sebagai ulama moderat yang selalu menyerukan persatuan politik umat Islam.

Almarhum dimakamkan Kamis (11/8/2022) di komplek makam Habib Kuncung, Kalibata, Jakarta Selatan. Semoga amal dan pengabdian almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Serta keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan.*

(Aji Setiawan, mantan Wartawan alKisah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.