Buka Milad Ke-47, MUI Gelar Silaturrahim Dai dan Pegiat Medsos

Jakarta, penapersatuan.com | Dalam Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-47, diawali  dengan silaturahmi Da’i dan pegiat medsos pada Selasa (26/07/2022) pagi. Kegiatan ini bernama Silaturrahim Da’i dan Halaqah Dakwah Nasional.

Selain dihadiri para Da’i dan Da’iyah, influencer keislaman di media sosial yang sedang naik daun yaitu Habib Husein Ja’far Al Hadar juga hadir.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH. Cholil Nafis, menyampaikan bahwa Da’i berperan penting dalam merajut kesatuan dan kekuatan dalam bingkai kebhinekaan.

Dalam kegiatan bertema ‘Dakwah Merajut Kesatuan dan Kekuatan Umat dalam Kebhinekaan’ itu, dia berharap halaqah dakwah ini menjadi ajang diskusi dan evaluasi kondisi umat terkini. Terlebih, kata dia, tahun ini terhitung sudah mulai memasuki tahun politik yang potensial merubah kondisi keumatan.

“Kalau para Da’i perang ayat dan perang statement, itu bisa kacau,” ungkap dia Selasa (26/07) saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut di Hotel Sultan, Jakarta.

Dia mengungkapkan, pertemuan ini adalah upaya awal untuk mempertemukan seluruh Da’i dan Da’iyah di Indonesia. Dia ingin memastikan silaturahim serupa bisa terus berjalan berkelanjutan.

“Jadi jangan kita melakukan perang-perang di dunia maya, mari kita bicarakan dan diskusikan hal-hal yang baik di MUI,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Pengasuh Pesantren Cendekia Amanah Depok ini menyampaikan, MUI berperan penting dalam melahirkan halaqah dakwah yang sesuai dengan konteks kebangsaan dan kebhinekaan. Sejauh ini, ujar dia, delegasi dai yang hadir dalam kegiatan tersebut sudah mengikuti program standarisasi dari MUI.

“Ini yang dakwah di televisi dan Mushola sudah terstandarisasi oleh MUI. Bahkan, di beberapa negara, seperti Malaysia dan Brunei, ternyata juga menggunakan standard sertifikasi dari MUI juga,” tuturnya.*

(Aji S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.