H. Zainut Ziarah Ke Makam KH. Maimoen Zubair di Ma’la

PENAPERSATUAN – Wamenag H. Zainut Tauhid Saadi selain sebagai Naib Amirul Haj tahun 2022 juga menunaikan umrah wajib kami delegasi Amirul Haj menyempatkan mengunjungi Posko 8 Sektor Khusus Masjidil Haram Mekah, yang lokasinya di terminal Syib Amir.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memberikan dukungan dan dorongan moral kepada para petugas. Sektor ini termasuk sektor yang paling sibuk karena disamping lokasinya berdekatan dengan Masjidil Haram juga berada di terminal Syib Amir.

Sektor ini tidak berada di lokasi gedung atau bangunan yang permanen, tetapi berada di kontainer. Ada tiga kontainer yang disulap menjadi pos jaga untuk Sektor Syib Amir.

Di atas suhu udara yang cukup panas, rata-rata di kisaran 40 derajat Celcius lebih, para petugas PPIH bekerja dengan sepenuh hati membantu dan melayani para tamu Allah SWT baik yang terpisah dari rombongan, sakit maupun yang membutuhkan pertolongan lainnya.

Selepas itu berkunjung ke Posko kesehatan. Hari ini, Rabu (7/7/2022) Dr. Zainut menyempatkan Ziarah ke makam KH. Maimun Zubair di Ma’la yang terletak tak jauh dari Mekkah. KH Maimun Zubair adalah ulama yang sangat disegani di kalangan NU, kalangan pesantren, dan terutama sekali kalangan kaum muslimin di pesisir utara Jawa.

Kiai sepuh beranak 15 (tujuh putra, delapan putri) ini memang unik. Tidak seperti kebanyakan kiai, ia juga sering diminta memberi ceramah dan fatwa untuk urusan non pesantren. Rumahnya di tepi jalur Pantura tak pernah sepi dari tokoh-tokoh nasional, terutama dari kalangan NU dan PPP, yang sowan minta fatwa politik, nasihat, atau sekadar silaturahmi. Ia memang salah seorang sesepuh warga nahdliyin yang bernaung di bawah partai berlambang Ka’bah itu.

KH. Maimun Zubair meninggal di Makkah pada Selasa (6/8/2019) pukul 04.17 ketika menunaikan ibadah haji dimakamkan di Ma’la masih satu komplek dengan makam Siti Khadijah RA (istri pertama Nabi Muhammad SAW).

“Alhamdulillah bisa sowan Guru Mulia, Syaikhuna Simbah Maimun Zubair di Maqbarah Ma’la. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat di alam barzahnya, lahu al-fatihah..,” pungkas Dr Zainut Tauhid Sa’adi.

(Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.