Pelantikan Dekan dan Wakil Dekan UII Periode 2022-2026

PENAPERSATUAN – Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc. melantik 8 (delapan) Dekan dan 16 (enam belas) Wakil Dekan di lingkungan UII untuk periode 2022-2026. Prosesi pelantikan di gelar di Auditorium K.H. Abdulkahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII Yogyakarta, Jumat (1/7/2022).

Prof. Fathul Wahid dalam sambutannya menuturkan bahwa jabatan adalah amanah. Untuk itu, ia mengajak Dekan dan Wakil Dekan yang dilantik untuk memandang jabatan dengan perspektif yang lebih luas.

“Mari bersama-sama kita pandang jabatan ini sebagai kemuliaan, jabatan bukan berkah tapi amanah, pengabdian ikhlas, bukan untuk dilayani tapi memberi,” pesan Prof. Fathul Wahid.

Dalam menjalankan kepemimpinan nantinya, Rektor UII mengajak para Dekan dan Wakil Dekan terpilih untuk dapat mengenali UII lebih jauh. Sedapat mungkin setiap pimpinan dapat bersikap bijaksana.

“Mohonlah pertolongan Allah SWT dalam segala urusan yang diperlukan. Bersikap tegaslah ketika diperlukan, cerahkan wajah dan lembutkan sikap, dengan begitu diharapkan dapat tercipta pimpinan yang terbaik,” tandasnya.

Prof. Fathul Wahid juga berpesan akan problematika yang sudah menanti kedepannya. Tidak jarang masalah muncul karena gagal mengenal budaya, baik itu di fakultas maupun di tingkat universitas. Setiap permasalahan yang ada menurutnya harus disikapi dengan bijaksana.

“Perbedaan pendapat merupakan hal yang lumrah dan perlu diolah untuk menghasilkan ide baru yang relevan,” tambahnya.

Lebih lanjut disinggung Prof. Fathul Wahid, perhatian kepada mahasiswa juga menjadi hal yang sangat penting ke depan. “Kita harus siap mendampingi mereka, sehingga sampai menjadi aktor luar biasa nantinya,” ungkapnya.

Prof. Fathul Wahid juga mengingatkan bahwa tantangan ke depan tidaklah ringan. Perkembangan terjadi di banyak sektor menjadi satu hal yang perlu ditanggapi. “Kami di Rektorat mengundang para Dekan dan Wakil Dekan untuk berikhtiar lebih jauh, untuk UII yang lebih maju kedepannya,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf (YBW) UII, Drs. Swarsono Muhammad, M.A. menghaturkan selamat kepada pimpinan fakultas beserta wakil terpilih. Senada dengan Rektor UII, tantangan yang ada sedapat mungkin harus direspon dengan baik.

“Mau tidak mau harus lebih akseleratif untuk merespon berbagai tantangan yang ada, tidak hanya pada skala dunia tapi juga Indonesia,” tegas Swarsono.

Di hadapan Dekan dan Wakil Dekan UII, Swarsono berpesan agar dalam menjalani amanah sedapat mungkin memberi hasil yang konkrit. “Raihlah kemenangan-kemenangan kecil, tapi riil yang bisa dilihat oleh siapapun,” tuturnya.

Terakhir, Suwarsono menyampaikan yang paling penting dalam menjalani kepemimpinan adalah perilaku jujur di setiap tingkatan kekuasaan. “Jadilah kita masing-masing sesuai jati diri, dengan begitu kita bisa berkomunikasi lebih baik. Karena komunikasi yang baik merupakan kunci keberhasilan,” tandasnya.

Pelantikan Dekan dan Wakil Dekan

Prosesi pelantikan diawali Dekan dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor UII tentang Pemberhentian Dekan Periode Tahun 2018-2022 dan Surat Keputusan Rektor UII tentang Pengangkatan Dekan UII Periode Tahun 2022-2026 oleh Sekretaris Eksekutif UII, Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si., M.Si.

Kedelapan Dekan yang dilantik dan diambil sumpahnya yakni Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D. (Fakultas Bisnis dan Ekonomika), Prof. Dr. Budi Agus Riswandi, S.H., M.Hum. (Fakultas Hukum), Dr. Drs. Asmuni, M.A. (Fakultas Ilmu Agama Islam), Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M.T. (Fakultas Teknologi Industri).

Selanjutnya Dr-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A., I.A.I (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan), Prof. Riyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D. (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Dr.Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si. (Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya), dan Dr. dr. Isnatin Miladiyah, M.Kes. (Dekan Fakultas Kedokteran).

Sama halnya dengan pelantikan Dekan, pada prosesi pelantikan Wakil Dekan diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Rektor UII tentang Pemberhentian Wakil Dekan UII Periode Tahun 2018-2022 dan Surat Keputusan Rektor UII tentang Pengangkatan Wakil Dekan UII Periode Tahun 2022-2026 oleh Sekretaris Eksekutif UII.

Adapun para Wakil Dekan yang dilantik yakni Abdul Moin, S,E., M.B.A., M.Res., Ph.D., CQRM (Bidang Sumber Daya) dan Drs. Achmad Tohirin, M.A., Ph.D. (Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni) pada Fakultas Bisnis dan Ekonomika. Berikutnya di lingkungan Fakultas Hukum Dr. Sri Hastuti Puspitasari, S.H., M.H. Wakil (Bidang Sumber Daya) dan Drs. Agus Triyanta, M.A., M.H., Ph.D. (Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni).

Kemudian Wakil Dekan di Fakultas Ilmu Agama Islam Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Sh.Ec. (Bidang Sumber Daya) dan Dr. Muhammad Roy Purwanto, S.Ag., M.Ag. (Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni). Berikutnya di Fakultas Teknologi Industri Ahmad Munasir Raf’ie Pratama, S.T., M.I.T., Ph.D. (Bidang Sumber Daya) dan Dr. Arif Hidayat, S.T., M.T. (Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni).

Selanjutnya di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Dr. Ir. Kasam, M.T. (Bidang Sumber Daya) dan Fitri Nugraheni, S.T., M.T., Ph.D. (Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni). Sementara di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam apt. Saepudin, S.Si., M.Si., Ph.D. (Bidang Sumber Daya)) dan Tri Esti Purbaningtias, S.Si., M.Si. (Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni).

Kemudian Wakil Dekan pada Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya yakni Resnia Novitasari, S.Psi., M.A. (Bidang Sumber Daya) dan Nizamudin Sadiq, S.Pd., M.Hum. Ph.D. (Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni). Berikutnya Wakil Dekan di Fakultas Kedokteran dr. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp.PD. (Bidang Sumber Daya) dan dr. Zainuri Sabta Nugraha, M.Sc. (Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni).

(Red/Ast)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.