Menpan RI, Tjahjo Kumolo Sudah Berpulang

PENAPERSATUAN – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, pukul 11.10 WIB. Kabar duka itu disampaikan politikus PDIP, Hendrawan Supratikno.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’āfihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzülahu waj’al jannata matswāh. Al-Fātihah. Telah kembali ke haribaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki Hamba-Nya. Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB. Pada pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta,” ungkap Hendrawan.

Tjahjo Kumolo, S.H., (1 Desember 1957 – 1 Juli 2022), adalah seorang politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019 hingga 1 Juli 2022 pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja. Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015, yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P. Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Jakarta pada 1 Juli 2022 setelah dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta Pusat. Suami dari Erni Guntarti ini meninggalkan 3 anak yakni drg. Rahajeng Widyaswari, Karunia Putripari Cendana dan Arjuna Cakra Candasa.

Jenazah Tjahjo Kumolo akan dishalatkan di KemenPAN-RB, Senayan, Jakarta. “Habis ini mau disemayamkan dulu di rumah dinas, baru dimandikan, kemudian akan dishalatkan di masjid Kantor MenPAN-RB,” kata anak pertama Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022).

Rahajeng mengungkapkan, setelah disalatkan di Masjid KemenPAN-RB, jenazah Tjahjo Kumolo akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

“Setelah itu mungkin habis Ashar atau setelah disalatkan disemayamkan di Kalibata,” ujarnya.

Rahajeng juga menyampaikan ayahnya meninggal di RS Abdi Waluyo hari ini kurang lebih pukul 11.00 WIB. Dia pun memohon maaf jika sang ayah memiliki kesalahan.

“Saya mewakili keluarga Pak Tjahjo membenarkan berita bahwa bapak sudah berpulang hari ini hari Jumat pada jam kurang lebih jam 11.00 lebih. Saya sebagai anak pertama mewakili bapak mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini,” tutur Rahajeng.

(Red/Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.