Puluhan Sanggar Seni Betawi Tumplek dalam Acara Puncak HUT Jakarta yang Digelar DPD FORKABI Jakarta Barat

PENAPERSATUAN – Dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta ke 495, Dewan Pimpinan Daerah Forum Komunikasi Anak Betawi (DPD FORKABI) Jakarta Barat yang diketuai H. Sarmilih SH. menggelar acara Hajatan Betawi dengan tema ‘Seni & Corak Budaya Betawi’.

Acara yang dihelat di Jl. Puri Indah Mall, Kembangan Selatan, dilaksanakan selama 2  hari, (25-26/2022) tersebut dihadiri oleh Kesabangpol Jakarta Barat Mat Sani, Camat Kembangan Joko Suparno, tampak hadir pula TNI Polri, Bang Japar Indonesia, Bang Japar F-1 juga ratusan massa FORKABI serta masyarakat sekitar.

Eko Suherman saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara mewakili DPP FORKABI

Tepat jam 13.00 WIB, acara resmi dibuka oleh Eko Suherman, yang hadir mewakili DPP FORKABI. Dalam sambutannya Eko Suherman mengajak kepada seluruh pengurus FORKABI untuk terus kompak dan solid, dalam menjalankan roda organisasi di masing-masing tingkatannya.

“Menjaga Budaya Betawi juga menjadi tanggung jawab kita bersama, jangan sampai kelak putra putri kita tidak mengetahui budayanya,” tutur Eko.

Dirinya juga berharap, kedepan jika ada kader atau tokoh FORKABI yang muncul mencalonkan anggota legislatif, harus didukung. Karena, yang duduk di legislatif lah yang dapat menentukan kebijakan-kebijakan yang ujungnya dapat memajukan Betawi termasuk seni budayanya.

“FORKABI harus dukung, karena semakin banyak Wakil dari Betawi yang duduk di legislatif, dapat membawa masyarakat Betawi semakin cepat untuk terangkat harkat juga martabatnya,” sambung Eko Suherman yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Tim Penanggulangan Bencana (PP Tagana) Inti FORKABI.

Dodol Betawi ga mau ketinggalan dalam acara HUT DKI Jakarta

Acara yang dibarengi dengan bazar makanan khas Betawi tersebut, diisi oleh 20 Sanggar Betawi yang ada di Jakarta Barat. Sanggar Tari Siri Kuning, Sanggar Satria Muda, Sanggar Kembang Cempaka, Sanggar Kong Sinan, Macan Beksi, Sanggar Al Ma’ruf, Sanggar Golok Sahabat, Cingkrik Nagasari, Sanggar Golok Sliwa, Gerak Gamblong Mandor Misan, Sanggar Gamblong Kong Saadih, Sanggar Sekojor, Sanggar Sinan Silang Pukul, Sanggar Ali bin Dohir, Sanggar Si Bontot, Sanggar Si Kembar, Sanggar Q Kemanggisan, Perguruan Gerak Rasa Sanalika Analika, Sanggar Kong Nimin dan Sanggar Beksi Broneng.

Menurut M. Nasori, pagelaran budaya Betawi yang diadakan oleh DPD FORKABI beserta seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) FORKABI, diharapkan dapat menjadi wadah bagi teman-teman yang aktif di seni budaya Betawi untuk mengekspresikan ilmu yang sudah didapat dari masing-masing sanggar.

M. Nasori

“Selain mereka bisa mengekspresikan, ini juga dapat menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat agar masyarakat bisa tahu dan mengenal budaya Betawi,” terangnya.

Kedepan, masih kata Nasori, DPD FORKABI dengan programnya akan terus bekerja sama dan membina sanggar sanggar Betawi yang ada, khususnya di wilayah Jakarta Barat.

“Kita ingin seni budaya Betawi diperhatikan dan mempunyai tempat yang layak baik di pemerintahan juga masyarakat. Jangan sampai nanti, khususnya para pelaku seni budaya Betawi tidak mendapatkan tempat juga perhatian yang layak,” beber Ketua OKK DPD FORKABI Jakarta Barat itu.

Sementara Ketua DPD FORKABI Jakarta Barat H. Sarmilih SH, yang karena kesibukan tidak dapat hadir tepat waktu dalam acara tersebut, mengucapkan permintaan maaf dan berterima kasih kepada seluruh panitia juga jajaran pengurus FORKABI untuk suksesnya acara tersebut.

H. Sarmilih SH bersama jajaran FORKABI Jakarta Barat

“Kegiatan seperti ini tentu tidak berakhir sampai disini saja, karena kita ingin terus menjaga dan melestarikan seni budaya Betawi yang merupakan jati diri kita sebagai masyarakat Betawi,” ungkap Sarmilih.

Sebagai orang Betawi, dirinya mengatakan akan terus mendukung para pelaku seni budaya Betawi agar dapat perhatian layak dan bisa terus menjaga serta melestarikan seni budaya Betawi. “Saya akan dukung,” tegas Sarmilih.

Acara tersebut selain memeriahkan HUT DKI Jakarta, sengaja diisi dengan puluhan sanggar agar bisa dinikmati masyarakat yang ada di wilayah DKI Jakarta, wabil khusus yang bertempat di Wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya.

(Fadiel)

Galeri Poto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.