KH. A. Mujib Jogoroso (Ki Goro-Goro) Isi Haflah Tasyakur Lil Ikhtitam Ponpes Minhajuth Tholabah

PENAPERSATUAN – Sabtu (18/6/2022) Pondok Pesantren Minhajuth Tholabah  yang diasuh oleh KH. Ma’ruf Salim di dusun Lawigede  Desa Kembangan, Kecamatan Bukateja Purbalingga, menggelar Haflah Tasyakur Lil Ikhtitam (Khataman Pondok) dengan menghadirkan pembicara KH. A. Muhib Jogoroso dari Grobogan (Jawa Tengah).

Rangkaian acara khataman sendiri telah dimulai pada hari Kamis, (16/6/2022) dengan pembacaan Hadoroh pada 19.30. Pada hari Jumat (17/6) sejak pagi diadakan Semakan al Qur’an di makam Alm. KH. Anwar Idris berlanjut dengan Pawai Ta’aruf dan Muhafadzoh santri Madin ba’da Isya serta Mujahadah Kubro.

Sabtu pagi (18/6/2022) dari ba’da Dzuhur dilaksanakan Muhafadzoh santri Madin dan penampilan santri Taman Pendidikan Qur’an (TPQ).

Khataman Santriwati

Puncak acara khataman digelar Sabtu malam ba’da Maghrib dengan Khataman al Qur’an Binnadhor dan Khotmil Qur’an Juz Amma bil Ghoib.

Pengajian umum dimulai dari 19.30 (Bada Isya) dengan pembacaan.ayat suci Al Quran dan lantunan shalawat Nabi Muhammad SAW. Berlanjut dengan sambutan dari dewan pengasuh Pondok oleh Kyai Ma’ruf Salim.

“Malam hari  ini  tepat 31 tahun. Alhamdulillah hari ini masih ada karena dukungan banyak pihak semoga banyak membawa maslahat bagi banyak pihak.Upaya-upaya yang kita lakukan semakin berkembang. Sekarang sudah 1400 santri. Kita berkomitmen Ponpes Minhajuth Tholabah tetap kokoh dalam jalan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Dalam kesempatan ini dibuka MTS Minthol 02 , sebagai MTS Unggulan, dengan program dengan pengembangan oleh alumni santri Minhajuth Tholabah (Kepala MTS 02 Minthol, Ustadz Abdul Fatah),” kata Kiai  Ma’ruf Salim.

Ribuan jama’ah hadir memadati acara

Mewakili Bupati Purbalingga,.Kabag Kesra, Heru Wibowo, dalam sambutannya berharap Minthol menjadi garda terdepan dalam menangkap gerakan radikalisme dan aliran sesat.

“Saat ini Purbalingga dalam. PPKM level 1. Ada 21.000 pernah terkena Covid. Khusus Bukateja ada 905 yang pernah kena Covid. Oleh karena ini bagi belum kena vaksin agar segera vaksin. Oleh karena itu segera melaksanakan vaksin. Karena sekarang setiap hari ada penambahan 1000. Karena itu perlu booster,” tutur Heru lebih lanjut.

Sementara untuk puncak acara khataman diisi KH  A Mujib Jogoroso (Grobogan) Jawa Tengah. KH Mujib Jogoroso dalam ceramah berharap Ponpes Minthol tetap teguh dalam jalan Aswaja selain itu pentingnya mensyukuri nikmat yang sudah diberikan Alloh SWT.

“Cuma bicara jujur, bicara rezeki bicara duit.Rezeki yang paling istimewa adalah anak soleh solehah, tafaquh fi dien. Minhajut Tholabah minterna dan memperbaiki akhlak murid-muridnya. Imam Ghozali, menyatakan syukur yang hakiki, yakni menggunakan nikmat yang diterima untuk mencapai ridho Alloh SWT,” tegas KH. Mujib Jogoroso.

Selain pengajian juga diselingi alunan rebana dan sholawatan hingga dini hari dan ditutup dengan doa oleh KH. Mujib.

(Red/Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.