KIB Gelar Silaturahim Nasional dan Penandatanganan Kesepakatan Tiga Ketum Parpol

PENAPERSATUAN – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar silaturahmi nasional. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa nampak mesra dalam acara bertajuk silaturahmi yang digelar di Jakarta, Sabtu malam, (4/6/2022).

Tiga Ketua Umum Partai Politik yang tergabung dalam koalisi KIB. (Dok.Ist)

“Ini membuktikan bahwa kita bekerja terus dan ini adalah koalisi yang solid dan kompak untuk duduk bersama membahas menyusun strategi yang tepat menuju kemenangan Pemilu 2024,” terang Airlangga Hartarto.

Sebagai Ketua Umum Partai Golkar, dirinya juga mengatakan, silaturahmi nasional ini sekaligus menunjukkan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu yang diinisiasi oleh ketiga Ketum Parpol membuktikan akan terus bekerja dan akan menandatangani dokumen atau nota kesepahaman mengenai agenda koalisi ke depan.

“Sejak KIB disepakati dan diumumkan pada pada 12 Mei 2022 lalu, publik merespons secara antusias atas koalisi yang dibentuk oleh kita. Artinya Koalisi yang kita bangun ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Terdapat harapan baru dalam perpolitikan Indonesia,” bebernya.

Sebagai Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa mengatakan, KIB yang baru dibangun harus mampu merespons dengan layak kecerdasan rakyat dalam berdemokrasi.

“Koalisi hadir dengan optimisme agar kecerdasan rakyat dalam berdemokrasi menjadi kecerdasan kolektif yang terus terasah dan efektif membangun peradaban demokrasi yang mensejahterakan dan berkeadilan,” sambungnya.

Dengan begitu kata dia, hubungan rakyat dengan partai politik kian hari harus berkembang sebagai hubungan yang rasional dan impersonal, bukan hubungan emosional dan personal. “Koalisi harus mencerdaskan kita semua dalam berdemokrasi,” tambah Suharso.

Para pengurus Parpol yang tergabung dalam koalisi KIB. (Dok.Ist)

Sementara itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan KIB bersepakat bahwa pikiran dan jalan politik jangan hanya mengedepankan persaingan dan kompetisi untuk saling meniadakan satu sama lain.

“Sejatinya itu bukan karakter bangsa Indonesia. Para founding father kita telah merumuskan jalan politik yang dilandasi musyawarah mufakat, saling merangkul, mengedepankan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan,” kata Zulkifli.

Acara silaturahmi nasional diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan KIB oleh para tokoh dan Ketum ketiga parpol. Dan disaksikan oleh seluruh kader ketiga partai yang ada di tingkat Provinsi, Kabupaten/kota di Indonesia yang ikut melalui konferensi zoom.

(Red/Diel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.