Rapimnas II DPP PPP, Membahas Pemilu juga Aspirasi DPW yang Mendukung Anies jadi Presiden

PENAPERSATUAN – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Hotel Pullman, Jakarta, (15-16/4/2022) berlangsung diikuti pimpinan Wilayah PPP se-Indonesia untuk membahas persiapan tahapan awal hingga akhir pemilu.

Dalam Rapimnas II tersebut, PPP membahas persiapan Pemilu 2024 serta menyerap aspirasi yang berkembang di daerah-daerah terkait figur calon Presiden. Acara dibuka dengan mendengar Pidato Ketum DPP PPP, Dr. (HC) H. Suharso Monoarfa.

Ketum DPP PPP Saat menyampaikan pidatonya dalam acara Rapimnas II PPP

Sekretaris Jenderal DPP PPP, Arwani Thomafi mengatakan, Rapimnas II PPP dihadiri seluruh pengurus DPP PPP dan pimpinan DPW PPP se-Indonesia. Kegiatan tersebut membahas sejumlah persoalan strategis dalam menghadapi Pemilu 2024.

Pada kesempatan sebelumnya, DPP PPP akan mengevaluasi kepengurusan DPC di seluruh Indonesia. Pengurus yang kinerjanya buruk SK-nya akan dicabut dan diganti pengurus baru. 

Ancaman itu disampaikan Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi saat peluncuran PPP Reborn di Ngawi Jawa Timur. Dia meminta kepada seluruh pengurus agar menunjukkan kinerja sesuai dengan garis partai.

Sementara itu Ketua DPP PPP, H. Achmad Baidowi menyatakan, muncul 4 nama menteri dikabarkan sudah menyatakan ingin maju sebagai calon Presiden (Capres) 2024 ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). PPP menilai tak ada aturan para menteri itu harus mundur jika mau maju jadi capres 2024.

“Ya memang dari awal Presiden Jokowi mempersilahkan menteri-menteri kabinet untuk mensosialisasikan diri gunakan menghadapi kontestasi Pemilu 2024. Itu artinya kalau ada menteri-menteri yang semakin santer dikabarkan maju lagi sebagai calon Presiden atau Wapres di Pemilu 2024 bukan sesuatu yang baru, karena bocorannya sudah tersampaikan sejak lama,” kata Baidowi.

Karenanya, DPP PPP mempertimbangkan munculnya nama-nama usulan DPW PPP se-Indonesia untuk dibahas dan diajukan dalam Rapimnas. Usulan Anies Baswedan sebagai Capres PPP kencang disuarakan DPW PPP DKI Jakarta untuk disandingkan dengan Hj. Khofifah Indar Parawansa sebagai Wapres, sebagaimana usulan DPW PPP Jawa Timur.

Pengurus DPP juga DPW PPP yang ikut menghadiri acara Rapimnas II PPP

Rapimnas II  hanya dihadiri internal partai.Gus Arwani, Sekjen DPP menyebutkan agenda Rapimnas II PPP bersifat pengurus partai tingkat pusat dan wilayah.

Panitia memastikan tidak menghadirkan tokoh dari luar partai. “Kegiatan ini bersifat internal, jadi kita tidak mengundang tokoh eksternal partai,” terang Arwani.

Rapimnas II PPP ini dihadiri tokoh-tokoh PPP yang berasal dari jajaran Majelis Partai, seperti Ketua Majelis Syariah KH. Mustofa Aqil Siradj, Ketua Majelis Kehormatan KH. Zarkasih Nur, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Muhammad Mardiono, serta Ketua Majelis Pakar Prof. Prijono Tjiptoherijanto.

(Red/Aji Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.