Perancang Gedung Fak Hukum UII alumni Arsitektur

PENAPERSATUAN – Kampus terpadu UII Jogjakarta di jl Kaliurang 14,4 Lodadi, Umbul Martani, Ngemplak Sleman Yogyakarta bertambah dengan hadirnya Fak Hukum UII di kampus terpadu.

Ini merupakan sejarah tersendiri bagi UII yang telah berusia 77 Tahun, sebagai kampus swasta tertua di Indonesia. Ternyata di balik kemegahan bangunan Kampus FH UII ada sosok Agung Rudianto, IA GP (Arsitek 96) dan Arif Rasipu (Arsitek 2011).

Dalam diskusi secara daring melalui instalgram alumni arsitektur UII dan dipandu oleh Inan (Arsitektur 2008) pada Sabtu 9 April 2022. Agung Rudianto menyatakan struktur arsitektur gedung baru itu berlantai empat dan ada anak tangga berundak. Mengandaikan bertemunya banyak pihak dari dosen, mahasiswa sampai karyawan.

‘Karena kemudian beralih fungsi menjadi gedung diperuntukan untuk fak Hukum UII yang tadinya di jalan Taman Siswa, memang idealnya bisa bertambah fungsi menjadi rumah tinggal (grand designnya). Design awalnya diperuntukan untuk orang yang jenius dan jujur.” Kata Agung.

Sementara itu Arif Salipu (alumni Arch 2011) menyatakan gedung Arsitektur yang dirancang memang selain menampung Mahasiswa Teknik juga siap berkolaborasi dengan mahasiswa lama Kampus Terpadu UII. “Seperti Fak Industri FMIPA, F Psikologi dan bangunan teknik belahan barat,” Kata Arif Salipu.

Dalam acara diskusi secara daring dari pukul 13.00-14.00 ini juga menampilkan filosofi bangunan baru Fak Hukum UII yang di topang 5 pilar. “Itu menggambarkan kokohnya bangunan sebagaimana menggambarkan Rukun Islam,” pungkas Agung Rudianto.

(Red/Ast)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.