FPPP Desak Pemerintah Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

PENAPERSATUAN – Anggota FPPP DPR RI, Hj Elly Rachmat Yasin mendesak Pemerintah untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng di masyarakat.

“Sampai saat ini masalah kelangkaan minyak goreng dan harga jual yang masih mahal menjadi keluhan masyarakat di sejumlah daerah. Masalah minyak goreng langka ini sudah berlangsung cukup lama,” kata Elly Rachmat Yasin.

Kelangkaan minyak goreng, disinyalir banyak kalangan karena pasokan luar negeri sangat tinggi serta harga yang fantastis di pasar Eropa dan Timur Tengah (100-135 U$ per Liter). Pemerintah sampai awal Februari baru menetapkan minimal 20% pasokan dalam negeri agar terpenuhi.

Namun langkah ini masih terkendala juga dengan tidak terkendalinya harga Rp 11.500,- karena pemastian datangnya pasokan minyak curah di pasar-pasar tradisional tidak menentu (stok terbatas).

Selain itu, pedagang yang nakal justru menimbunnya di tingkat grosir. Klop sudah, pasar tidak dipasok merata dan menimbulkan kelangkaan di tingkat pedagang kecil, sehingga harga sukar ditetapkan di Rp 11.500/Liter.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Generasi Muda Pembangunan Indonesia (PW GMPI) Sulawesi Selatan membagikan minyak goreng gratis kepada warga kurang mampu di Kota Makassar, Kamis (24/2/2022). Aksi sosial ini dihadiri langsung Ketua Umum Pimpinan Pusat GMPI Achmad Baidowi.

“GMPI Sulawesi Selatan bersama Ketua Umum PP GMPI Achmad Baidowi tadi sore membagikan minyak goreng dan sekalian beras, gula pasir, mie instan dan lainnya untuk tukang becak dan warga kurang mampu yang lain,” ujar Ketua PW GMPI Sulawesi Selatan, Jabbar Idris.

Warga bersyukur mendapatkan bantuan minyak goreng gratis dari PW GMPI Sulawesi Selatan. “Kelangkaan minyak goreng yang dirasakan warga kurang mampu membuat mereka tidak bisa berbuat apa-apa selain pasrah,” pungkas Jabbar.

(Aji Setia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.