Politisi Partai Gerindra, H. Abdul Ghoni Menggelar Sosper Nomor 9 Tahun 2011

PENAPERSATUAN – Anggota DPRD DKI Jakarta Drs. H. Abdul Ghoni menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper), terkait Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Perda Nomor 9 tahun 2011. Sabtu, (12/2/2022) di Jl. Nusa Indah, Cipete Selatan, Cilandak, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anggota Komisi D Fraksi Partai Gerindra itu berharap, warga masyarakat dapat ikut serta berperan aktif melakukan pencegahan bencana alam. “Masyarakat harus paham, bahwa melakukan pencegahan bencana ini harus dilakukan oleh semua pihak, termasuk peran aktif dari masyarakat,” ungkap H. Abdul Ghoni.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi DKI Jakarta, Jhoni Marlaen Siahaan, yang hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut mengatakan, dirinya sangat berterimakasih kepada H. Abdul Ghoni yang sudah mengundang dirinya dalam acara Sosper tersebut.

Jhoni Marlaen Siahaan, saat menerangkan pentingnya penanggulangan bencana

Dirinya menambahkan, penting Sosper ini dilakukan supaya masyarakat juga tahu tentang penanggulangan bencana di DKI Jakarta. “Aturannya seperti apa, siapa yang menangani dan masyarakat juga relawannya harus berbuat apa dan berkoordinasi dengan siapa,” jelas Jhoni pada penapersatuan.com usai acara.

Mengingat banyak juga warga hadir yang merupakan pengurus serta anggota Siaga Bencana Inti Forkabi (Tagana Forkabi), Jhoni menjelaskan, Tagana DKI Jakarta itu menanggulangi bencana penyentas. Artinya, orang yang selamat dari bencana, lalu masuk pengungsian itu yang ditangani.

“Pertama adalah Dapur Umum, pelayanan psiko sosial, pelayanan selter atau pengungsiannya, itu yang kita lakukan. Saya juga berharap nanti dengan adanya Tagana Forkabi bisa bersinergi dengan Tagana DKI Jakarta bersama-sama turun bareng,” ujarnya.

Dirinya berharap Tagana Forkabi bisa turun bareng membantu membuat dapur umum, pelayanan LDP juga pelayanan shelternya. “Bagaimana para pengungsi nanti bisa merasa nyaman saat di tempat pengungsian,” sambung Jhoni.

Peserta nampak serius mengikuti acara Sosper

Masalah pelatihan, masih kata Jhoni, pihaknya sangat siap. Yang terpenting Tagana DKI diundang oleh Tagana Forkabi dengan menyiapkan tempatnya juga orang-orang yang siap untuk dilatih.

“Kalau semua itu ada, kita akan datang dengan membawa peralatannya untuk kita latihan bersama-sama. Pokoknya kedepan kita bisa saling bersinergi dalam penanganan bencana,” jelasnya.

Sementara Eko Suherman, selaku Ketua Pusat Tagana Forkabi menuturkan, dalam Sosper hari ini banyak sekali ilmu yang didapatkan, khususnya untuk rekan-rekan Tagana Forkabi.

Eko Suherman, Ketua Pusat Siaga Bencana Inti Forkabi saat memberikan sambutan

“Kedepan kita juga akan terus berkoordinasi dengan Tagana DKI Jakarta, termasuk dalam masalah pelatihan. Tapi saat ini kita akan fokus pada Raker Siaga Bencana Inti Forkab dahulu, setelah itu kita akan melakukan pelatihan-pelatihan seperti yang tadi telah dijelaskan oleh Ketua Tagana Provinsi DKI Jakarta,” terang Eko.

Dirinya juga berpesan pada pengurus juga anggota Tagana Forkabi agar tetap solid, satu komando ikuti aturan-aturan yang ada khususnya untuk Tagana Forkabi. “Kita tidak boleh lemah, tidak boleh mengeluh dalam berbuat kebaikan ditengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

(Fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.