Pemasyarakatan dan Revitalisasi Nilai Nilai Pancasila

PENAPERSATUAN – Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Suban Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah selenggarakan kegiatan diskusi dengan tema Pemasyarakatan dan Revitalisasi nilai-nilai Pancasila di Gedung Srikandi, komplek Pendopo Kabupaten Purbalingga, Sabtu (12/02/2022).

Kegiatan dengan tujuan merawat Pancasila dalam tindakan dan perbuatan itu diikuti oleh sekitar 40 perwakilan partai politik dan ormas yang ada di Kabupaten Purbalingga ini, menghadirkan 6 Pembicara dari DPRD I Jawa Tengah yakni Hj. Nurul Hidayah, SH.MSI (Anggota Komisi C), H Moh Ikhwan, SH.MM (Anggota Komisi D), Bambang Eko Purnomo (Anggota Komisi C) serta H. Mukhlis, S.Ag.

Para peserta diskusi yang diselenggarakan oleh Suban Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah

Kepala Suban Kesbangpol Jawa Tengah, H. Chairuddin, SH.MH, dalam pembukaan acara menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bambang Eko Purnomo aktualisasi bela negara. “Kita wajib ikut dalam hukum bela negara. Bagaimana caranya, dengan melakukan revolusi karakter bangsa (mental) dan itu masuk dalam Nawacita,” papar Bambang yang juga Ketua Pemuda Pancasila Jawa Tengah.

Pembicara kedua, Hj Nurul Hidayah, SH.M.Si menyampaikan materi ‘Pancasila Sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa’.  Dalam paparannya Hj. Nurul Hidayah menyampaikan keprihatinannya terkait semakin melemahnya penghayatan dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, rumusan Pancasila yang dijiwai dengan sila-silanya merupakan konsep daaar untuk menyatukan perbedaan di Indonesia. “Pancasila berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa yang mewadahi keanekaragaman Indonesia yakni kemajemukan bangsa,” pungkas Hj. Nurul.

(Red/Aji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.