LABH DPP Forkabi Kawal Penuh Kasus Pembunuhan di Citra 6 Kalideres, Jakarta Barat

PENAPERSATUAN – Warga Kalideres berinisial M tewas akibat luka tusuk di bagian dada kiri. Korban tewas setelah terjadi cekcok dengan pria lainnya di Ruko Taman Palem Lestari, Jakarta Barat, pada Jumat (28/1/2022) malam.

Kapolsek Kalideres, AKP. Hasoloan Situmorang mengatakan, peristiwa penusukan terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Dari informasi awal, terduga pelaku disebutkan merupakan juru parkir di lokasi kejadian.

Kapolsek Kalideres, AKP. Hasoloan Situmorang, saat di TKP, Jumat, (28/1/2022)

Namun, Hasoloan membantah informasi itu. Terduga pelaku bukanlah juru parkir di tempat itu, melainkan hanya suka nongkrong-nongkrong di sekitar lokasi.

Menurut para saksi yang berada di sekitar lokasi, kata Hasaloan, antara korban dengan pelaku memang sempat berkelahi satu lawan satu.

Hasoloan memastikan tidak ada pengeroyokan kelompok dalam peristiwa ini. “Ya, keterangan saksi di TKP satu lawan satu. Bukan pengeroyokan, bukan kelompok,” jelasnya.

Sabtu sore, (29/1/2022) Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Polisi mencari keterangan saksi dan juga menyisir CCTV untuk mengetahui pelaku penusukan korban.

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Niko Purba menjelaskan, dari hasil olah TKP ada beberapa petunjuk yang didapati pihaknya.

Kurang dari empat jam, pelaku pembunuh M akhirnya tertangkap. “Benar kami amankan pelaku saat dia sedang mengganti plat nopol mobilnya,” ucap dia.

Pelaku berinisial TS ini ditangkap saat berada di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.

Kompol. Niko Purba saat memberikan keterangan pada awak media

Setelah diamankan, polisi langsung meminta pelaku untuk menunjukan barang bukti senjata tajam jenis parang. Ternyata barang bukti itu disimpan pelaku di halaman rumahnya dan masih ada bercak darah korban.

“Penangkapan ini dipimpin langsung oleh Kanit Krimum AKP Avrilendy dan Kasubnit Jatanras Polres Metro Jakarta Barat, Ipda Rizky Ali,” jelas Niko.

Sementara itu, saksi mata di lokasi kejadian yang tidak mau disebutkan namanya mengaku, korban adalah anggota salah-satu Ormas.

Dari hasil penelusuran di lapangan, benar bahwa korban merupakan anggota ormas Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Jakarta Barat.

“Korban adalah bagian dari kita, dan kita sedih juga sakit hati mendengar kabar ini,” ucap H. Samsudin Abdullah SH.MH, Ketua Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum (LABH) DPP Forkabi Minggu, (30/1/2022).

H. Samsudin Abdullah SH.MH (tengah) selaku kuasa hukum dari KABH DPP Forkabi, yang dipercaya pihak keluarga korban

Menurutnya, LABH DPP Forkabi ditunjuk sebagai kuasa hukum dari keluarga korban M. “Keluarga besar korban juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada aparat kepolisian,” ujar Sam.

Dirinya bersyukur pelaku sudah tertangkap. LABH DPP Forkabi akan mengawal kasus ini dan minta kepada Kepolisian Polres Metro Jakarta Barat untuk menerapkan pasal berat kepada pelaku.

“Pelaku dengan sengaja menghilangkan nyawa korban, oleh karenanya harus dihukum seberat-beratnya. Harapan saya juga, pihak kepolisian dapat mengungkap motif pelaku penusukan tersebut dari kemungkinan adanya keterlibatan pihak-pihak lain dalam perkara tersebut,” tutup Samsudin.

(Red/Fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.