Desa Gunung Sari dan Mekarsari Waled Kabupaten Cirebon Kondisi Terparah Banjir

PENAPERSATUAN – Sabtu, Tanggal 22 Januari 2022. Pukul 08.00 Air belum surut. Banjir akibat luapan sungai Ciberes melimpah terobosĀ  5 desa lebih di Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon.

Desa Gunungsari dan Mekarsari mendapat prioritas terparah, banjir hingga mencapai 50 Cm dan dibeberapa tempat lebih dari 1 Meter.

“Banjir kali ini, lebih parah dari tahun sebelumnya,  buat para pejabat dan dewan, mohon tinjau lokasi banjir yang belum surut hingga siang ini,” cerita Karsiti, Warga Gunungsari.

Sejak tahun 2018, warga desa di sekitaran Kecamatan Waled yang terlintas Sungai Ciberes selalu resah jika masuk musim penghujan. Kehawatiran akhirnya terbukti lagu di hari Sabtu dini hari. Sebab hujan sejak sore Jumat terus menerus, sehingga terjadi banjir akibat luapan sungai Ciberes.

“Tolong pak dewan DPRD, turun ke desa Gunungsari dan sekitarnya, kami tidak mau tiap taun begini terus, rumah terendam banjir,” keluh Warnata.

Warnata warga Mekarsari yang rumah nya deket aliran sungai Ciberes, selalu resah saat tiba musim penghujan. Rumah nya hampir setiap tahun hingga 3 kali dapat kiriman banjir akibat luapan sungai.

Kondisi rumah warga yang terendam banjir

Banjir langganan ini selalu terjadi, ini disebabkan oleh semakin dangkalnya sungai Ciberes. Solusi terbaik dengan pengerukan menggunakan alat berat.

“Semoga keluh kesah kami didengar oleh dewan dari semua partai selaku perwakilan suara kami,” jelas Dadan.

Harapan Warga pemerintah daerah sigap dalam menyikapi keluh kesah warga dan menindaklanjutinya bersama pemerintah desa Gunungsari dan Mekarsari, juga bersama desa-desa lain yang terdampak banjir akibat limpahan sungai Ciberes. 

(Red/Mam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.