HUT PSC ke-23, Gelar Santunan juga Donor Darah

PENAPERSATUAN – Ulang Tahun ke-23 Prabumulih Scooter Club (PSC) dilangsungkan di Lapangan Prabu Jaya, Kota Prabumulih, Minggu (16/1/2022), menjadi sebuah event perayaan ulang tahun komunitas Prabumulih Scooter Club di Sumatera Selatan.

Acara yang digelar selama 1 hari itu dengan mengambil tema ‘PSC Membangkitkan Rasa Sosial Kemanusiaan’ tersebut mampu menyedot perhatian lebih Kurang 1000 pecinta Vespa yang datang dari seluruh Daerah khususnya Sumsel.

Wakil Wali Kota Prabumulih yang hadir dalam acara dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas Berlangsungnya acara ini kepada Ketua Pelaksana beserta Jajarannya, Wakil Ketua PMI Prabumulih Hj Reni Indayani Fikri, Sesepuh IVI dari Jakarta dan Sponsor Acara ini serta Tamu Undangan.

“Kami berharap acara ini tidak hanya sebagai indensital saja, kalau bisa berkelanjutan terus-menerus. Mungkin tidak di hari anniversary saja namun di acara-acara lainnya PSC harus siap bekerjasama dengan pemerintah dan berbagai elemen masyarakat, baik di bidang sosial kemanusiaan maupun sebagai kontrol roda pemerintahan,” tegasnya.

M. Sobari poto bersama Panitia dan peserta HUT PSC ke-23

Sementara Rifki Baday, selaku Ketua Panitia, menyampaikan bahwa kegiatan hari ini kami bekerjasama dengan berbagai sponsor baik pemerintahan dan pihak lainnya. Acara tersebut juga banyak mengadakan kegiatannya seperti; Donor Darah, bakti sosial dan lainnya.

Perlu diketahui, yang dalam acara HUT PSC ke-32 antanya; pecinta scooter yang ada di Sumsel, seperti Palembang, Baturaja, Muara Enim, Lahat, Tanjung Enim, Pagar Alam, OKU, OKUT, OKI, OI, Muba, Linggau dan lain-lain. Bahkan, hadir juga sesepuh IVI Jakarta Bapak M. Sobari dan Dari Aceh Andy (Dewantara Lhoksumawe Scooter Club).

“Kami berharap, semoga para pecinta Vespa tetap solid, tetap menjaga silaturahmi yang selama ini terjalin dan sudah seperti saudara. Vespa menjadi alat kita menjalin persaudaraan,” ungkap Rifky Baday.

Pada awak media, Iptu. Min Wirana yang hadir sebagai Ketua Keamanan Anniversary PSC dari Polres Prabumulih mengatakan acara ini, tidak lain adalah untuk mempersatukan pecinta sepeda motor Vespa yang ada di Kota Prabumulih.

HUT PSC ke-23 Menjadi Ajang Silaturahmi para Pecinta Vespa

“Para pecinta Vespa yang mempunyai sepeda motor kebanggaan hari ini dapat saling bertemu dan silaturahmi. Panitia juga mentaati prokes dalam pelaksanaannya. Alhamdulillah, kami dari Polres Prabumulih pun bisa hadir,” tambahnya.

Sementara kegiatan donor darah dilakukan dilokasi, dibuka untuk para pecinta Vespa yang hadir juga masyarakat yang ada disekitar tempat kegiatan acara.

Pengurus PMI Kota Prabumulih, Edi, menyampaikan bahwa hari ini yang mendonorkan darah terdiri masyarakat sekitar juga temen-temen. “Pelaksanaan kegiatan ini dari jam 08.00 -12.00 WIB, adapun jenis darah yang bisa didonorkan darah, A, B , AB, dan O.”

“Harapan kami dari PMU, apa yang sudah dilakukan anak-anak Club Vespa hari ini, bisa menjadi contoh positif bagi Club sepeda motor lainnya dengan mengadakan kegiatan seperti ini. Ini adalah bakti sosial kemanusiaan, dengan aksi donor darah ini tentunya dapat membantu pasien-pasien yang ada di rumah sakit di Kota Prabumulih seperti RS. Umum, RS. Pertamina, RS. Bunda dan RS. Fadillah,” terang Edi.

Keseruan Peserta juga Panitia dalam acara HUT PSC ke-23

Sementara, Tomi dari Brother Scooter Club Prabumulih mengatakan, acara ini sangat baik. Semoga di tahun yang akan datang akan lebih baik, untuk mempersatukan persahabatan dan persaudaraan. “Yang kita adakan pada hari ini, semoga menambah persatuan dan kesatuan NKRI,” bebernya.

Dalam acara yang sama, M. Sobari yang datang dari Jakarta, menjelaskan selayang pandang tentang Ikatan Vespa Indonesia (IVI). Awalnya berdirinya IVI ini terdiri dari Club-club Vespa Jakarta. Setelah dideklarasikan, IVI mengadakan touring ke Pelabuhan Ratu, kenangnya.

M. Sobari sesepuh Vespa Jakarta saat menerima piagam penghargaan dari Panitia

“Lalu beberapa lama kemudian diadakan Musyawarah Nasional (Munas) ke 1 pada tahun 1998, di Sentul, Jawa Barat. Munas tersebut dihadiri beberapa Club yang ada, hingga terpilihlah dari hasil Munas itu, Dr. Hewan H.Nonot Marsono (almarhum).” 

“Munas kedua, digelar tahun 2001 bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan H. Nonot marsono, masih dipercaya untuk memimpin IVI,” beber M. Sobari.

Lalu, masih kata M. Sobari, pada tahun 2004 kembali diadakan Munas III yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat, memilih Bapak Rahman sebagai Ketua Umum. Selanjutnya, pada tahun 2007 kembali digelar Munas IV di Cilacap, Jawa Tengah, dan terpilih Bapak Juansah.

“Munas V dihelat tahun 2011 di Bogor, Jawa Barat, terpilih kembali Bapak Juansah. Lalu Munas VI tahun 2015, lanjut  Munas VII pada tahun 2019 di Cilacap, Jawa Tengah terpilih kembali H. Nonot Marsono, sebagai Ketua Umum. Setelah beliau almarhum, pada tahun 2021 IVI, mengadakan Sidang Pleno yang akhirnya memilih Bapak Erwin Indrianto MP, sebagai Ketua Umum,” jelas M. Sobari.

(Red/Sob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.