Haul Akbar, Sebagai Tradisi Anak Betawi juga Ahli Sunnah Wal Jamaah

PENAPERSATUAN – Sabtu, (08/01/2022) Sohibul Hajat, Ketua Tanfidziah Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kebayoran Baru sekaligus Bendahara Karang Taruna Jakarta Selatan, Ustadz Ahmad Noufal Husen, S.Sos.i, mengadakan Haul Akbar Almarhum H. Muh Husen bin H. Mugeni.

Ustadz Ahmad Noufal Husen, S.Sos.i sohibul hajat yang juga Ketua Tanfidziah MWC NU Kebayoran Baru

Haul Akbar berlangsung di Masjid An Nur, Cipete Utara tersebut, bertujuan untuk mendoakan ahli kubur, yang merupakan keluarga sekaligus tokoh agar semua amal serta ibadah yang dilakukannya dapat diterima oleh Allah SWT.

“Haul ini kita adakan untuk para keluarga yang telah meninggal dunia sekaligus para tokoh, untuk mendoakan, mengingat serta meneladani jasa-jasa dan amal baik mereka,” terang Ustadz Noufal.

Keluarga sekaligus tokoh yang dimaksud Ustadz Noufal adalah; H. Muh Husen bin H. Mugeni dan Hj. Mas’ah binti H. Mas’ud (Orangtua), KH. Sami’un bin H. Banceng dan Hj. Sul’hah binti H. A. Rifa’i (Mertua), Moch. Wadi bin Akid dan Hj. Siti Rohayati binti H. Amali Ahya (Mertua), Ahmad Kosasih bin H. Muh. Husen, Saiful Bahri bin H. Muh. Husen, H. Sofyan Sauri bin KH. Sami’un, Hj. Nur Ahyani binti KH. Sami’un.

Alim ulama serta Habaib yang hadir dalam acara haul akbar

Malam hari ini, tambah Ustadz Noufal, sengaja kita undang soudara, kerabat juga para tokoh alim ulama, habaib untuk sama-sama berdoa juga mendoakan almarhum juga almarhumah.

“Banyak para habaib juga alim ulama serta tokoh masyarakat yang hadir, ada Abuya KH. Makmur Murod, KH. Ahmad Dahlan Naim, KH. Abdurrahman Naim, Habaib Ahmad bin Sholeh Assegaf, Habaib Syaurat Al Khirrid, Habaib Jakfar Sodiq Assegaf, Habaib Umar Agil Assegaf, Habaib Syarqi Assegaf, KH. Husnan Naim, Ustadz Alay tapi Ga Lebay, H. Zainul Abidin HA, S.Ag serta tokoh masyarakat lain,” beber Ustadz Noufal.

Tampak Hadir juga H. Zainul Abidin HA, S.Ag selaku Khatib MWC NU Kebayoran Baru, dan Ustadz Idham Chalid Mardani.

Semoga acara haul seperti ini, lanjut Ustadz Noufal, bisa menjadi budaya dikalangan orang Betawi juga Nahdiyin. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi budaya bagi anak Betawi, juga ahli sunnah wal jamaah khususnya yang aktif dikepengurusan NU membudayakan tradisi haul seperti ini,” harap Ustadz Noufal yang juga tokoh muda Betawi Cipete Utara.

Ramah tamah sambil menikmati nasi kebuli

Acara tersebut juga mengundang masyarakat Cipete Utara yang kebetulan tinggal berdekatan dengan Masjid An Nur. Acara dimulai tepat pukul 20.00 Wib dengan diawali pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW, pembacaan ayat suci Al-Quran dan tausiyah. Selesai acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan nasi kebuli.

(Red/FF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.