Dengan Sosper, H. Iskandar, S.Ag, M.Sos Menyapa Warga

Kota Tangerang, penapersatuan.com – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Propinsi Banten, H. Iskandar, S.Ag, M.Sos, Selasa (4/5/2021) kembali menyapa warganya dengan mengadakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper).

Para Guru yang ikut dalam acara Sosialisasi Peraturan Daerah No.5 Tahun 2018

Acara yang digelar di kediamannya itu mengundang warga yang bekerja sebagai pendidik, ojek online juga security yang berada seputar wilayah Poris Gaga, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang.

Kegiatan Sosper tersebut diadakan mengikuti protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran pemerintah, oleh karenanya tampak hadir dalam acara itu Babinsa, Bhabinkamtibmas serta tim penanggulangan covid 19.

Nampak hadir dalam acara tersebut Bhabinkamtibmas juga Binmas

Hadir sebagai narasumber dalam Sosper No.5 Tahun 2018, tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga itu, Dra. Hj. Een Herlinda, M.Pd selaku pendidik yang juga merupakan perempuan asli Kota Tangerang.

Sebagai narasumber, dirinya mengatakan, secara praktis sebenarnya warga yang hadir itu sudah memahami apa itu yang disebut sebagai keluarga. Kalau dilihat dari definisi secara teoritis memang bisa macam-macam.

“Tapi saya yakin intisari dari Perda No.5 Tahun 2018 ini bukanlah hal yang asing bagi kita, keluarga adalah sistem sosial yang terkecil dalam masyarakat. Dan keluarga ini juga tentu mempunyai beberapa fungsi,” paparnya.

Dra. Hj. Een Herlinda, M.Pd yang hadir sebagai narasumber

Salah-satu dari keluarga adalah, keluarga merupakan lembaga pendidikan informal, yang disebut sebagai fungsi edukasi. Fungsi pendidikan dan sosialisasi itulah yang menanamkan nilai-nilai dasar untuk bagaimana nantinya anak keturunannya itu bersikap juga bertindak, bertutur kata, bergaul dan sebagainya.

“Pondasi dari semua itu awalnya di dapat dari sebuah keluarga. Oleh karenanya begitu penting kedudukan keluarga itu dimasyarakat karena nanti dari keluarga itulah akan membangun karakter dalam masyarakat,” papar Dra. Hj. Een Herlinda, M.Pd.

Selain hal tersebut, dirinya juga mengatakan pentingnya membangun keluarga dari sisi ekonomi, karena banyak terjadi permasalahan dalam keluarga yang kerap kita dengar berawal dari masalah ekonomi.

Warga yang hadir tampak serius mengikuti kegiatan Sosper

Sementara itu, H. Iskandar, S.Ag. M.Sos, menjelaskan warga yang hadir memang yang berlatar belakang sebagai pendidik, ojek online juga security.

“Hari ini hampir 80% yang hadir adalah masyarakat yang berlatar belakang sebagai pendidik, dan Sosper ini penting untuk disampaikan pada mereka, agar wawasan juga pengetahuannya tambah kuat, hebat dan sempurna,” jelas H. Iskandar yang juga aktif sebagai Ketua Komite Sekolah SDN Poris Gaga 1 itu.

Dalam ketahanan keluarga, masih kata H. Iskandar, masalah ekonomi itu memang perlu dibangun, dibicarakan dan dikembangkan. Mengingat saat ini kita memang sedang mengalami satu krisis ekonomi di masa pandemi ini.

“Jadi wajar kalau narasumber yang hadir membangkitkan masalah itu, membangun ketahanan keluarga, ketahanan psikologis keluarga melalui ekonomi. Melalui hal itu diharapkan dapat melahirkan tangan-tangan kreatif dalam lingkungan keluarga itu sendiri,” paparnya.

H. Iskandar, S.Ag, M.Sos, Ketua Fraksi PPP DPRD Propinsi Banten

H. Iskandar juga mengatakan, ketahanan keluarga sangat berpengaruh terhadap ekonomi. Kalau ekonomi keluarga jatuh, hal tersebut dapat mempengaruhi pada kekuatan keluarga itu sendiri.

“Kalau ekonominya kuat minimal dapat membentengi keluarga, ditambah dengan kekuatan agama. Jadi, menurut saya ekonomi itu penting, tapi agama dalam menjalankan sebuah rumah tangga itu jauh lebih penting,” pungkas H. Iskandar yang juga duduk sebagai Wakil Sekretaris MPO PP GPK.

(Fadiel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.