Telapak Sepatu/Sandal Paling Rawan Membawa Virus Covid-19

Pena Persatuan – Saya baru saja nonton Video dr. Hendrawan Nadesul, belum habis, baru awalnya, tapi dari awal tersebut saya jadi paham kenapa beberapa waktu yang lalu menginap di salah satu Hotel di Semarang, sebelum melewati pintu, selain dicek suhu tubuh, telapak sepatu pengunjung disemprot disinfectan. Waktu itu saya dan teman-teman tim senyum-senyum merasa geli (paling tidak saya, karena umumnya masuk bilik plastik terus disemprot disinfectan). Kenapa tapak sepatu disemprot?

Ternyata jawabannya ada dipenjelasan dr. Hendrawan Nadesul. Tapak sepatu/sandal paling rawan membawa virus covid-19.

Di lantai rumah sakit banyak virus, di toilet umum, toilet di rest area banyak orang keluar masuk. Ada yang bersin, meludah, buang ingus, dll. Virus menempel dilantai, kemudian kita masuk ke toilet. Masker tetap dipakai, cuci tangan pakai sabun bersih sekali. Kita merasa sudah menjalankan prokes, tapi telapak sepatu tidak ikut diprokes.

Covid-19 tidak seperti kecoa, keinjak sepatu mati. Vrus covid-19 keinjak sepatu tidak mati, tapi numpang jalan-jalan.

Kalau pulang kerumah ada protap sepatu dan sandal dilepas di depan pintu rumah. Tapi kalau masuk  ke hotel, jarang sepatu sandal dilepas diluar. Umumnya dipakai masuk ke kamar,  kemudian mencari tempat duduk, sehingga tapak sepatu nempel di beberapa bagian lantai kamar hotel.  Ini yang kemungkinan bisa menyebabkan virus masuk ke tubuh kita.

AC dihidupkan masker dilepas, tidak ada jendela terbuka. Semalaman kita seruangan bersama virus covid-19 yang terbawa sepatu/sandal kita.

Apalagi kalau perut lapar. Keluar hotel cari makanan. Tambah lagi kemungkinan ada virus yang numpang di telapak sepatu/sandal kita ikut masuk ke kamar hotel kita.

Kalaupun bukan kamar hotel, banyak rumah-rumah mewah yang  penghuninya sehabis bepergian masuk rumah masih lengkap memakai sepatu atau sandal.

Jadi kebiasaan sehabis bepergian sepatu/sandal dilepas di luar adalah sehat dan sangat dianjurkan.

Kalau kita berpergian naik mobil, masuk ke rumah sakit, atau dari toilet kemudian masuk ke mobil jangan hanya tangan yang disemprot disinfectan, tapi untuk amannya jangan lupa tapak sandal/sepatu juga disemprot. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.